Fasilitas Pendukung Daya Tarik Wisata Kuliner Seputar Cikapundung River Spot, Kota Bandung

- Suryana

Sari


Fasilitas Pendukung Daya Tarik Wisata Kuliner di Seputar Cikapundung  River Spot, Kota Bandung adalah hasil penelitian dalam metode kualitatif deskriptif yang menyajikan sisi-sisi yang menarik untuk dikaji dan selanjutnya dijabarkan berdasarkan pemotretan peneliti di lapangan dengan pertimbangan berbagai sudut teori yang ada yang meyoroti objek penelitian dilokasi penelitian. Ditemukan dilapangan bahwa daya tarik wisata kuliner di seputar Cikanpung River Spot didukung dengan fasilitas-fasilitas yang ada yang mampu menghidupkan  daya tarik wisata kuliner seputar Cikanpung River Spot. Keunikan berbagai hal yang menjadi daya tarik sebuah kota tentunya menjadi objek wisata yang cukup menarik bagi warga kota maupun warga dari luar kota. Cikanpung River Spot yang berlokasi di dalam kota adalah salahsatu area wisata yang dimiliki Kota Bandung. Diseputar lokasi ini wisata kuliner menjadi daya tarik tersendiri karena didukung dengan fasilitas yang ada, baik artifisial maupun natural. Penataan warung atau tenda-tenda tempat makan dipinggir sungai Cikapung dan area sekitarnya, udara segar dengan pepohonan besar di pinggir sungai, tempat parkir yang memadai, transportasi umum yang mudah dijangkau untuk berbagai area tertentu, faslitas ritual yang nyaman, dan fasilitas hiburan dalam pertunjukan seni yang bisa dinikmati oleh pengunjung sambil bersantai karena dilengkapi dengan tempat duduk dalam suasana keakraban pengunjung. Semua itu terealisasi dalam suasana khas alam Tatar Parahiyangan dalam keramahan lingkungan alam dan  pelayanan yang disajikan para pedagang dan pihak yang bersangkutan di seputar Cikapundung River Spot.

Kata Kunci: Fasilitas Pendukung, Daya Tarik Wisata.


Kata Kunci


Fasilitas Pendukung, Daya Tarik Wisata.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bain, L., Gray, B., & Rodgers, D. (2012). LIVING STREETS: Strategies for Crafting Public Space. Hoboken, New Jersey. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Bazeley, P. (2013). Qualitative Data Analysisi: Practical Strategies. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC.: SAGE Publication Ltd.

Cassel, C., & Symon, G. (2004). Essential Guide to Qualitative Methods in Organizational Research. (C. Cassel & G. Synmon, Eds.). London. Thousands Oaks. New Delhi: SAGE Publications.

Cooper, C., & Hall, C. M. (2008). Contemporary Tourism: An International Approach (First Edit). Amsterdam. Boston. Heidelberg. London. New York. Oxford. Paris. San Diego. San Francisco. Singapore. Sydney. Tokyo.: ELSEVIER.

Cousins, J., Lillicrap, D., & Weekes, S. (2014). Food and Beverage Service (Ninth Edit). HODDER EDUCATION AN HACHETTE UK COMPANY.

Echdar, S. (2017). METODE PENELITIAN MANAJEMEN DAN BISNIS: Panduan Komprehensif Langkah Demi Langkah Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Desertasi. (Cet. Pertama, Ed.). Bogor.

Hayllar, Bruce, Griffin, Tony and Edward, D. (2008). City Spaces - Tourist Palces: Urban Tourism Precincts (First Edit). AMSTERDAM. BOSTON. HEIDELBERG. LONDON. NEW YORK. OXFORD. PARIS. SAN DIEGO. SAN FRANCISCO. SYDNEY. TOKYO: ELSEVIER.

Lang, J., & Marshall, N. (2017). Urban Squares As Places, Links and Displays: Successes and Failures. NEW YORK AND LONDON: ROUTLEDGE. Taylor & Francis Group.

Maciocco, G., & Serreli, S. (Ed). (2009). Enhancing the city: new perspectives for tourism and leisure. (G. Maciocco & S. Serreli, Eds.), Urban and landscape perspectives. Springer Dordrecht. Heidelberg. London. New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-90-481-2419-0

Muakhir, A. (2015). Cikapundung River Spot, Taman di Tepi Sungai. Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com/ali.muakhir/55530b62739773cc07fa2b56/cikapundung-riverspot-taman-di-tepi-sungai. Di-ACCES tanggal 16 September 2018.

Nurdiyansah. (2014). Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia. Bandung: PENERBIT ALFABETA BANDUNG.

Owald, L. R. (2015). Creating Value: The Theory and Practice of Marketing Semiotics Research (First Edit). Oxford University Press.

Palacio, J. P., & Theis, M. (2016). Foodservice Management: Principles and Practices (Thirteenh). Boston. Columbus. Hoboken. Indianapolis. New York. San Francisco. Amsterdam. Cape Town. Dubai. London. Madrid. Milan. Munich. Paris. Montréal. Toronto. Delhi. Mexico City. São Paulo. Sydney. Hong Kong. Seoul. Singapore. Taipei. Tokyo: Pearson.

Prideaux, B. (2009). Resort Destinations: Evolution, Management and Development. Amsterdam. Boston. Heidelberg. London. New York. Oxford. Paris. San Diego. San Francisco. Sydney. Tokyo: ELSEVIER.

Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Manajemen (Cetakan ke). Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi PT RajaGrafindo Persada.

RITCHIE, J. B., & Crouch, G. I. (2003). The Competitive Destination: A Sustainable Tourism Perspective. UK. USA: CABI Publishing.

Roper, K. O., & Payant, R. P. (2014). The Facility Management Handbook. (Fourth Edi). New York. Atlanta. Brussel. Chicago. Mexico City. San Francisco. Shanghai. Tokyo. Toronto. Washington D.C.: AMACOM (AMERICAN MANAGEMENT ASSOCIATION).

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behavior. (Seventh Ed). Upper Saddle River, New Jersey: PRENTICE HALL INTERNATIONAL, INC.

Shaw, G., & Williams, A. M. (2004). Tourism and Tourism Space. London. Thousands Oaks. New Delhi: SAGE Publications.

Bain, L., Gray, B., & Rodgers, D. (2012). LIVING STREETS: Strategies for Crafting Public Space. Hoboken, New Jersey. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Bazeley, P. (2013). Qualitative Data Analysisi: Practical Strategies. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC.: SAGE Publication Ltd.

Cassel, C., & Symon, G. (2004). Essential Guide to Qualitative Methods in Organizational Research. (C. Cassel & G. Synmon, Eds.). London. Thousands Oaks. New Delhi: SAGE Publications.

Cooper, C., & Hall, C. M. (2008). Contemporary Tourism: An International Approach (First Edit). Amsterdam. Boston. Heidelberg. London. New York. Oxford. Paris. San Diego. San Francisco. Singapore. Sydney. Tokyo.: ELSEVIER.

Cousins, J., Lillicrap, D., & Weekes, S. (2014). Food and Beverage Service (Ninth Edit). HODDER EDUCATION AN HACHETTE UK COMPANY.

Echdar, S. (2017). METODE PENELITIAN MANAJEMEN DAN BISNIS: Panduan Komprehensif Langkah Demi Langkah Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Desertasi. (Cet. Pertama, Ed.). Bogor.

Hayllar, Bruce, Griffin, Tony and Edward, D. (2008). City Spaces - Tourist Palces: Urban Tourism Precincts (First Edit). AMSTERDAM. BOSTON. HEIDELBERG. LONDON. NEW YORK. OXFORD. PARIS. SAN DIEGO. SAN FRANCISCO. SYDNEY. TOKYO: ELSEVIER.

Lang, J., & Marshall, N. (2017). Urban Squares As Places, Links and Displays: Successes and Failures. NEW YORK AND LONDON: ROUTLEDGE. Taylor & Francis Group.

Maciocco, G., & Serreli, S. (Ed). (2009). Enhancing the city: new perspectives for tourism and leisure. (G. Maciocco & S. Serreli, Eds.), Urban and landscape perspectives. Springer Dordrecht. Heidelberg. London. New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-90-481-2419-0

Muakhir, A. (2015). Cikapundung River Spot, Taman di Tepi Sungai. Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com/ali.muakhir/55530b62739773cc07fa2b56/cikapundung-riverspot-taman-di-tepi-sungai. Di-ACCES tanggal 16 September 2018.

Nurdiyansah. (2014). Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia. Bandung: PENERBIT ALFABETA BANDUNG.

Owald, L. R. (2015). Creating Value: The Theory and Practice of Marketing Semiotics Research (First Edit). Oxford University Press.

Palacio, J. P., & Theis, M. (2016). Foodservice Management: Principles and Practices (Thirteenh). Boston. Columbus. Hoboken. Indianapolis. New York. San Francisco. Amsterdam. Cape Town. Dubai. London. Madrid. Milan. Munich. Paris. Montréal. Toronto. Delhi. Mexico City. São Paulo. Sydney. Hong Kong. Seoul. Singapore. Taipei. Tokyo: Pearson.

Prideaux, B. (2009). Resort Destinations: Evolution, Management and Development. Amsterdam. Boston. Heidelberg. London. New York. Oxford. Paris. San Diego. San Francisco. Sydney. Tokyo: ELSEVIER.

Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Manajemen (Cetakan ke). Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi PT RajaGrafindo Persada.

RITCHIE, J. B., & Crouch, G. I. (2003). The Competitive Destination: A Sustainable Tourism Perspective. UK. USA: CABI Publishing.

Roper, K. O., & Payant, R. P. (2014). The Facility Management Handbook. (Fourth Edi). New York. Atlanta. Brussel. Chicago. Mexico City. San Francisco. Shanghai. Tokyo. Toronto. Washington D.C.: AMACOM (AMERICAN MANAGEMENT ASSOCIATION).

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behavior. (Seventh Ed). Upper Saddle River, New Jersey: PRENTICE HALL INTERNATIONAL, INC.

Shaw, G., & Williams, A. M. (2004). Tourism and Tourism Space. London. Thousands Oaks. New Delhi: SAGE Publications.

Spirou, C. (2011). URBAN TOURISM AND URBAN CHANGE: Cities in a Global Economy. NEW YORK AND LONDON: Routledge Taylor & Francis Group.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.

Swarbrooke, J., & Horner, S. (2007). Consumer Behaviour in Tourism (Second Edi). Amsterdam. Boston. Hedelberg. London. New York. Oxford. Paris. San diego. San Francisco. Singapore. Sydney. Tokyo: ELSEVIER.

Syarifuddin, D., Noor, C. M., & Rohendi, A. (2018). Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Bandung. Jurnal Abdimas Bsi, 1(1), 55–64. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/2866/1859. Di-ACCESS tanggal 15 September 2018.

Vanhove, N. (2005). The Economics of Tourism destinations. Amsterdam. Boston. Heidelberg. London. New York. Oxford. Paris. San Diego. San Francisco. Singapore. Sydney. Tokyo: ELSEVIER BUTTERWORTH HEINEMANN.

Weaver, D., & Lawton, L. (2014). TOURISM MANAGEMENT (Fifth Edit). Milto, Australia: John Wiley & Sons Australi, Ltd.




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v5i3.4379