Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mengunjungi Festival Cap Go Meh di Singkawang

Putri Rizkiyah, Adinoto Nursiana, Rahmat Ingkadijaya

Sari


ABSTRAK

Festival Budaya Cap Go Meh yang diselenggarakan di Kota Singkawang merupakan festival budaya tahunan yang diselenggarakan pada hari kelima belas setelah perayaan Tahun Baru Cina (Imlek). Pada tahun 2016 tingkat kunjungan wisatawan menurun dari tahun-tahun sebelumnya yang mengakibatkan tidak tercapainya target yang ditetapkan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi profil atau karakteristik wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi festival budaya Cap Go Meh di kota Singkawang, dan (2) mengetahui sejauhmana pengaruh unsur-unsur bauran promosi terhadap keputusan wisatawan mengunjungi festival budaya tersebut. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan mengunjungi Festival Budaya Cap Go Meh di Kota Singkawang, namun secara parsial hanya terdapat satu variabel yang berpengaruh yaitu variabel proses.

Kata kunci: Bauran pemasaran, keputusan wisatawan, wisata budaya, festival cap go meh

 

ABSTRACT

The Cap Go Meh Cultural Festival held in Singkawang City is an annual cultural festival held on the fifteenth day after the Chinese New Year celebration (Imlek).  By 2016 the level of tourist arrivals decreased from previous years which resulted in the government's failure to achieve targets. This study aims to (1) identify the profile or characteristics of domestic and foreign tourists who visit the cultural festival Cap Go Meh in Singkawang city, and (2) find out how far the influence of promotion mix elements to the decision of tourists visiting the festival culture. The method used is survey method, by distributing questionnaires to 200 respondents. Data were analyzed by using multiple linear regression. The results showed that simultaneously, the marketing mix significantly influence the decision of tourists visiting Cap Go Meh Cultural Festival in Singkawang city, but partially there is only one influential variable that is process variable.

Keywords: Marketing mix, tourist decision, cultural tourism, cap go meh festival

 


Kata Kunci


Bauran pemasaran, keputusan wisatawan, wisata budaya, festival cap go meh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hair, J. F., et al. (2009). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective. 7th ed. Upper Saddle River: Prentice Hall.

Kaeppler, A.L. (1987). Pacific Festivals and Ethnic Identity. Dalam Alessandro Falassi (Ed.). Time Out of Time: Essays on the Festival (hlm.162-170). New Mexico: University of New Mexico Press.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Pearson Education. Inc.

Kotler, P. & Levy, S.J. (1969). Broadening the Concept of Marketing. Journal of Marketing, 33 (January), 10-15.

Pramanik, P.D., Gantina, D., Habibie, F.H. (2017). Kebanggaan dan Perilaku Memelihara Potensi Pariwisata. Jurnal Pariwisata, 4(2), 113-122.

Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Williams, R. (1983). Keywords: a Vocabulary of Culture and Society. New York : Oxford University Press




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v5i1.2568

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License