Analisis Persepsi Wisatawan Mengenai Penurunan Kualitas Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung

Faikar Adam Wiradiputra, Erlangga Brahmanto

Sari


ABSTRAK                                               

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif verifikatif yang dilaksanakan di Destinasi Wisata Ciwangun Indah Camp, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Penelitian ini ditunjukan untuk mengkaji persepsi wisatawan mengenai penurunan kualitas daya tarik wisata serta pengaruhnya terhadap minat berkunjung. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan kualitas daya tarik wisata menurut persepsi wisatawan dalam kondisi yang rendah atau kurang menarik. Minat berkunjung wisatawan juga rendah. Penurunan kualitas daya tarik berpengaruh signifikan terhadap turunya minat berkunjung wisatawan. Kebaharuan dalam penelitian ini adalah faktor kerusakan fasilitas akibat kurangnya perawatan dinilai sebagai pemicu persepsi negatif wisatawan terhadap daya tarik wisata, sehingga berdampak pada kurangnya minat untuk berkunjung.

Kata kunci: daya tarik wisata, persepsi wisatawan, minat untuk berkunjung, wisata outbond

ABSTRACT

This research is a descriptive study conducted verification on Sightseeing Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu Village, District Parongpong, West Bandung regency, West Java. This study indicated to assess the perception of tourists about the decline in the quality of tourist attraction and its influence on interest in visiting. The research method used in this study is a simple linear regression analysis. The results showed that the quality of a tourist attraction as perceived by tourists in conditions of low or less attractive. Interest in visiting tourists too low. The decline in the quality of the appeal of a significant effect on the fall of the interest of visiting tourists. The new finding in this study is a factor of damage to facilities due to lack of maintenance assessed as a negative rating trigger perception of the tourist attraction, so the impact on the lack of interest to visit.

Keywords: tourism attraction, the perception of tourists, the interest to visit, outbound tourism

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albarq, A. N. (2014). Measuring The Impacts Of Online Word-Of-Mouth On Tourists’ Attitude And Intentions To Visit Jordan: An Empirical Study. International Business Research, 7(1), 14.

Alma, B. (2009). Pengantar Statistika. Alfabeta, Bandung.

Alvina, I. (2013). Manajemen Pengelolaan Fassilitas Outbond Objek Wisata Linggo Asri Sebagai Wahana Pendidikan Rekreasi Di Kabupaten Pekalongan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Camp, M. C. I. (2016). Wisata Outbond Ciwangun Indah Camp.

Darsoprajitno, S. (2002). Ekologi Pariwisata. Bandung. Penerbit Angkasa.

Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Sosial Budaya Masyarakat Lokal. In Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer Nusa Mandiri Pertama Tahun 2016 (Vol. 1, Pp. 426–435). Sniptek Nusa Mandiri.

Nasution, S., Nasution, M. A., & Damanik, J. (2009). Persepsi Wisatawan Mancanegara Terhadap Kualitas Objek Dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Sumatera Utara.

Oktaviani, R. W., & Suryana, R. N. (2005). Analisis Kepuasan Pengunjung Dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro. Jurnal Agro Ekonomi, 24(1), 41–58.

Pitana, I. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Purwanggono, D., & Akiriningsih, T. (2015). PENGARUH POTENSI EKOWISATA, LINGKUNGAN, AKOMODASI, PEMANDU WISATA TERHADAP MINAT WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI (Studi Kasus Pada Kawasan Wisata Di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul). Jurnal Pariwisata Indonesia, 10(2).

Saeful Zaman, Dyan Helmi, G. (2010). Games Kreatif Pilihan Untuk Meningkatkan Potensi Diri Dan Kelompok. Jakarta: Gagas Media.

Sammeng, A. M. (2001). Cakrawala Pariwisata. Balai Pustaka.

Santoso. (2016). Statistika Hospitalitas. Yogyakarta: Deepublish.

Soekadijo, R. G. (2000). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sopyan, S., & Widiyanto, I. (2015). Analisi Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.

Sugiyono, D. R. (2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, M. P. B. (2004). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: CV Alfabeta.

Suryadana, M. V. O. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta. Bandung Indonesia: Alfabeta.

Susanto, A. B., & Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta: Salemba.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v3i2.1561

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License