PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA IKLAN WEB PT. L’OREAL INDONESIA (Studi Kasus PT. L’Oreal Indonesia)

Taat Kuspriyono

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai gaya bahasa pada iklan web PT. L’oreal.Gaya bahasa iklan mampu membujuk pembacanya dengan mempermainkan kata- kata atau  kalimat sehingga pembaca menjadi terpengaruh untuk menggunakan suatu produk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa dan mendeskripsikan gaya bahasa iklan pada web PT. L’oreal. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah gaya bahasa iklan web dan sumber data dalam penelitian adalah iklan produk-produk L’oreal yang tayang pada  web PT. L'oreal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode simak dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan terhadap analisis penggunaan gaya bahasa iklan pada iklan web di internet dapat disimpulkan bahwa PT. L’oreal Indonesia secara konsisten menggunakan bahasa figuratif dalam iklan-iklan yang ditayangkan yaitu penggunaan majas simile, personifikasi, metafora, dan hiperbola.

 

Kata kunci : Gaya Bahasa Iklan, Figurative,PT. L’oreal. 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v6i1.2457


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License