INTEGRASI MEDIA MNC GROUP DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KOMPETISI DI PASAR BISNIS INDUSTRI MEDIA PENYIARAN

Geofakta Razali

Sari


Jurnal ini memberikan pemahaman tentang integrase yang terjadi pada media khususnya MNC Group. Integrasi tersebut berhasil memberikan improvisasi pada  efisiensi. Persaingan pasar industry media menjadi sebuat ketentuan yang menjadi landasan berpacunya media untuk menjadi sebuah holding dan saling menunjang dari sisi satu dan sisi lainnya. Penulis menggunakan teori SCP untuk melihat bagaimana struktur media, perilaku media, dan performancenya untuk mencapai sebuah konsep bisnis industry media yang sempurna

This thesis analyzes MNC Media at the viewside of media group in Indonesia with through the time and had raced into the largest integration media group in Southeast Asia. To analyze the efficiency and the competition that created by MNC Media Group, actually, researchers try to analyze based on the theory. That theory is Industrial Organization owned media Kranenburg. This theory explains how Structure, Conduct and Performance of a media become into a value chain to survive in the competition group media today we called is integration. There is also a research concept by adding strategy concepts of business broadcast media industry. The indicator used to measure and analyze the success rate occurred partly based on data media with the large revenue increase profit margins, many advertisers, competition audience share, and the company's efficiency.

Keywords: Integration, MNC Media Group, Efficiency, Competition,  Industry Media Broadcasting Business


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Rulam, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Ar-ruzz Media, Yogyakarta.

Albarran, Alan. 1996. Media Economic: Understanding Market Industries and Concept . Iowa State University Pers.

Baker, E. C, 2004. Media, Market and Democracy, Comminicayion Scienty and Politic. Cambridge University

Bungin, Burhan,2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosia lainnya. Jakarta: Kencana Prenama Media Group.

Cassell, C, Symon, S, 2004. Essential Guide to Qualitative Methods in Organisational Research. Sage Publications, London.

Creswell, J.W, 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Sage [2nd ed.], Thousand Oaks, CA.

Croteau, D., Hoynes, W., 1997. Industries and Audience. Pine Forge Press, London.

Denzin, N. Lincoln, Y. (Eds.), 1994. Handbook of Qualitative Research. Beverly Hills CA: Sage.

Denzin,N.. 2000. The Hand book Qualitatif Research. Sage Publication.

Downing John. D.H , 2004. The sage Book of Media Studies. Sage Publication. Aus

Elvinaro, Ardianto. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Eriyanto, 2008, Konsentrasi Kepemilikan Media dan Ancaman Ruang Publik, JISIP. Jakarta

Fachrudin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi, CV Andi Offset. Yogyakarta

Fu Wayne, 2003, Applying the Structure-Conduct-Perfomance framework in Media Industry Analysis, IMM- The International Journal on Media Management vol 5 no IV Nanyang Technological University, Singapore

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Golding, Peter & Graham Murdoch. 2000. The Political Economy of Media. Volume 3. Edwar Edgar Publishing Limited. Cheltenham

Hariadi, Bambang, 2005, Perumusan Strategi Pemasaran, Malang: Bayumedia Publishing

Husein, Umar, 2010, Riset pemasaran dan bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

McQuail, Dennis 1987. Teori Komunikasi Massa, terj Agus Dharma dan

Aminuddin Ram. Jakarta: Erlangga.

Miller, R. J and Roger E Meiners. 2000. Teori Mikroekonomi Intermediate. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Moleong, Lexy. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi & Setiawan, Johny. 2001. Sistem Pengendalian dan Perencanaan Manajemen. Edisi Ke 2, Cetakan Ke 1. Salemba Empat. Jakarta

Noor, F Henry, 2010. Ekonomi Media, Raja Grafindo Persada. Jakarta

Patra, Fadil. 2012. Strategi Bisnis Media. Universitas Indonesia, Depok

Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative Research and Evaluation Methods. Sage Publication Inc. USA

Rakhmat, Jalaluddian. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Rusadi, Udi. Kajian Media, Isu Ideologis. PT Raja Grafino Persada, Jakarta.

Sudibyo, Agus. 2004. Ekonomi Politik Media Penyiaran, ISAI. Jakarta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Supriyono,R.A. 2002. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Liberty Yogykarta.

Sudarman , Ari. 2004. Teori Ekonomi Mikro, edisi 4, Yogyakarta : BPFE UGM

Suryana, ahmad, 2011, Strategi dan Pemikiran Bisnis, Jakarta : Salemba Empat

Symon, Gillian, Cassel. 2004, Qualitative Methods in Organizational Research, Sage Publications, London.

Yulianti, T. 2004. Iklan Politik di Televisi, Kompas, Jakarta

Jurnal dan Penelitian :

Awaluddin, Iwan. 2011 Penelitian di Pusat Kajian Media & Budaya Populer (PKMBP) Yogyakarta Pemantau Regulasi dan Regulator media (PR2MEDIA), Yogyakarta.

Dedy Hidayat N. 1999. Bahan Penunjang Kuliah Metodologi Penelitian Komunikasi dan Latihan Penelitian Komunikasi: Bagian I Paradigma Klasik dan Hypothetico-Deductive Methode Dalam Penelitian Komunikasi. Jakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI. http://www.academia.edu/

Ningtyas, Sagita. Konglomerasi industri media penyiaran di Indonesia analisis ekonomi politik pada group media nusantara citra. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2010.

Kartika, Kristiya. 1996. Ekologi Media : Persaingan Industri Surat Kabar Dalam Memperebutkan Iklan, Tesis S2 Universitas Indonesia, Jakarta

Utami, Sinung. 2012, Jurnal Spasialisasi Industri Media. Universitas

R kristiawan, Liberalisasi Media: Kajian Ekonomi Politik Tentang Demokratisasi dan Industrialisasi Media di Indonesia (MNC)

Sumber Lain :

http://ahmadfatoniofficial.wordpress.com/2010/05/03/ekonomi-media/

https://bincangmedia.wordpress.com/tag/industri-media/)




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.5390

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.5390.g3401

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836