Pariwisata Karang Para, Geopark Ciletuh dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Asri Noer Rahmi, Muhammad Fikri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan tempat wisata baru di Sukabumi, Indonesia. Sebagaimana kita ketahui Indonesia memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam yang sangat potensial sebagai tempat pariwisata dan masih banyak potensi alam yang belum ditemukan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan metode yang menarik untuk menemukan banyak tempat wisata alam yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan data primer juga data empiris untuk memperkenalkan tempat-tempat tersebut dengan metode wawancara dan mengunggah gambar ke media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bahwa kesadaran diri warga untuk menemukan keindahan tempat wisata alam dan juga dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah dalam rangka mengurangi pengangguran dan juga meningkatkan pendapatan Ekonomi. Dari Penelitian ini ditemukan bahwa tempat-tempat wisata baru yang baru saja ditemukan baru-baru ini seperti Karang Para, Geopark Ciletuh berasal dari posting di media sosial dan sekarang tempat-tempat itu menjadi warisan UNESCO. Pemerintah membantu merekonstruksi fasilitas di area wisata alam tersebut. Tempat wisata ini berhasil dapat dilestarikan karena adanya kesadaran diri warga negara yang telah membantu menjaga, melestarikan dan bekerjasama menyediakan akses yang mendistribusikan dengan sangat baik, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga sekitar dan dapat membantu Pendidikan warga.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisasmita dan Rahardjo (2010). Pembangunan Kawasan dan Tata Ruang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Afif. Farhan (2018). Mengenal Geopark Ciletuh, Bukti Munculnya Pulau Jawa.https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4001246/mengenal-geopark-ciletuh-bukti munculnya-pulau-jawa.

Ardianto (2007). Mass Communication: as Distribution. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, suharsimi. (2010). Reserach Procedure as a Practical. Forth Published.Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Badri, Muhammad. (2011). Marketing Communication UMKM in Social Media Era, Corporate and Marketing Communication. Jakarta : Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.

Badan Pusat Statistik (2017). Data Proyeksi Devisa dari Sektor-sektor Utama Perekonomian Indonesia.

Banowati, Eva. (2013). Social Geography. Yogyakarta: Dua Ombak producer.

Dailey, Patrick R (2009). Social Media: Finding Its Way into Your Business Strategy. Burlington, Linkage.

Darsoprajitno, Soewanto. (2002). Tourism Ecology: Managing site and attrack of tourism. Bandung: PT Angkasa.

Fathurrohman, Asep Ahmad. Daryana, Aan. (2014). Research Methodology: Islamic Studies. Bandung: Kencana Utama.

GGN (2014) Guidelines and Criteria for National Geoparks seeking UNESCO's assistance to join the Global Geoparks Network.

Iskandar Muda, Dedi. (2008). Television Journalistic : To Be a Professional Reporter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Karyono, Hari. (1997) Kepariwisataan. Jakarta: PT. Grasindo.

Margareth M. Poloma, M. M. (2007). Contemporary Sociology. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pendit, Nyoman. (2009) Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sammeng, Andi Mappi. (2001) Cakrawala Pariwisata. Jakarta: Balai Pustaka.

Santana, K. Septiawan. (2007) Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Tarigan, Robinson. (2004) Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

UU No. 10 Tahun 2009

Wexley, Kenneth, N., Yuki, Gary, A. (2005). Organizational Behaviour And Personel Psychology. Jakarta: PT Rineka Cipta.

World Tourism Organization (2010). Tourism Highlights.

Zakky. (2017). Kondisi Geografis Indonesia Beserta Keadaan Penduduk & Pengaruhnya. https://www.zonareferensi.com/kondisi-geografis-indonesia/.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v5i2.4507

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v5i2.4507.g2808

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836