Strategi Marketing Public Relations Pt. Pos Indonesia

Asri Nurfitriani, Titin Suhartini

Sari


ABSTRAK
Strategi Marketing Public Relations PT. Pos Indonesia, Studi kasus Terhadap Strategi Marketing Public Relations Pospay Kantor Pos Area V Jawa Barat. Penelitian ini mengemukakan tentang bagaimana strategi marketing produk pospay yang dilakukan oleh Kantor Pos Area V Jawa Barat, yang pada jaman sekarang ini banyak orang yang memakai pelayanan jasa dan keuangan untuk menunaikan kewajiban nya untuk membayar tagihan / angsuran. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang digunakan dalam marketing public relations produk pospay yaitu strategi pull mencakup pemberian informasi mengenai produk, menggunakan media komunikasi, periklanan, kegiatan promosi melalui event dan juga sponsorship, strategi kedua yaitu strategi push yang mencakup mendorong masyarakat agar menggunakan pospay dengan cara menginformasikan kemudahan yang dilakukan dan meluaskan target pemasaran pospay, dan yang ketiga strategi pass yaitu melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, instansi dan juga sekolah untuk meningkatkan citra PT. Pos Indonesia.
Kata kunci : Pospay, Strategi Pull, Push, dan Pass


ABSTRACT
Marketing Public Relations Strategy PT. Pos Indonesia, Case Study Public Relations Marketing Strategy Pospay Post Office Area V West Java. This research describes how the marketing strategy of Pospay products conducted by Post Office Area V West Java, which in this day many people who use service and finance to fulfill its obligation to pay bill / installment. This research uses case study method and data collection technique done by observation and interview. The result of this research is strategy used in marketing public relations product of pospay that is full strategy include giving information about product, using communication media, advertisement, promotion activity through event and also sponsorship, second strategy is push strategy which include encouraging people to use pospay with How to inform the ease of doing and expanding the target marketing pospay, and the third pass strategy is to socialize the community, agencies and schools to improve the image of PT. Indonesian post.
Keywords: Pospay, Full Strategy, Push, and Pass

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro. (2013). Handbook of Public Relations. Bandung; Rosdakarya

Alifahmi. (2008). Marketing Communications Orchestra, Bandung : Examedia

Bungin, Burhan, (2009). Penelitian Kualitatif, Jakarta : Kencana

Creswell, John W. (2014). Penelitian & Desain Riset : memilih di antara lima pendekatan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Herdiansyah, Haris. (2012), Metode penelitian kualitatif, Salemba Hamadika, Jakarta.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua, Cetakan Ketgia) PT. Indeks, Jakarta

-------------------------------------. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran Jilid 1, Jakarta

Moleong, Lexy J, 2008, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Rosdakarya

--------------------. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung. Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Jakarta : Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v5i1.3657

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v5i1.3657.g2339

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836