Tahapan Kampanye “This Album is Gold” oleh Band Indie Elephant Kind

Tiara Putri Effendy, Iriana Bakti, Hanny Hafiar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan kampanye “This Album is Gold” yang dilakukan oleh Band Indie Elephant Kind. Metode Penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan paradigma positivisme. Konsep yang digunakan dalam kampanye ini adalah model kampanye The Five Functional Stages Development Model yang dikemukakan oleh tim peneliti dari Yale University Terdapat 5 lima tahap dalam model ini, yaitu identifikasi, legitimasi, partisipasi, penetrasi, dan distribusi. Hasil dari penelitian ini adalah, identitas yang digunakan dalam kampanye ini adalah warna emas dan logo yang digunakan adalah logo City J. Elephant Kind mendapatkan legitimasi dari Detikhot.com sebagai Top Album 2016. Masyarakat terlibat dalam kampanye ini dengan membeli CD mereka, datang ke konser mereka, memberikan karya seni, mengunggah foto dan video dengan tagar #thisalbumisgold, dan memberikan apresiasi secara langsung. Penetrasi yang didapatkan berupa simpati yaitu apresiasi secara langsung dan masyarakat turut bernyanyi dalam konser, juga mendapatkan tempat di hati masyarakat dilihat dari masyarakat mau membeli konser Elephant Kind juga mengundang Elephant Kind dalam acara. Tahap terakhir yaitu tahap distribusi merupakan tahap yang belum berhasil dalam kampanye ini. Elephant Kind masih belum bisa menjual CD Fisiknya dalam jumlah yang diinginkan. Saran yang diberikan untuk Elephant Kind adalah sebaiknya mereka menambah media untuk promosi, menambah jaringan distribusi, dan menambah tim khusus untuk melakukan distribusi CD Fisik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, E. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina

Bungin, Burhan. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Depok: Rajagrafindo Persada.Bungin,

Cresswell, John W. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. 2000. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mulyana, Deddy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosadi. 1997. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Soemirat, S., & Ardianto, E. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v5i1.3656

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v5i1.3656.g2338

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836