Endorser Selebriti Pada Iklan Politik Sebagai Upaya Vote Getter Pada Pemilih Muda

I Ketut Martana, Dina Andriana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna-makna tersirat di balik naskah dan untuk mengetahui peranan serta efek penggunaan endorser iklan politik pada iklan capres dan cawapres Jokowi-Jusuf Kala. Iklan-iklan yang menjadi perhatian pada penelitian ini adalah iklan-iklan yang menampilkan capres dan cawapres Jokowi dan Jusuf Kala dari tiga versi iklan politiknya. Tim sukses pasangan capres dan cawapres Jokowi-Jusuf Kala (Jokowi-JK) membuat 3 versi iklan politik dengan strategi endorser, yaitu versi pengakuan artis, versi Jokowi-JK adalah Kita 1 dan versi Jokowi-JK adalah kita 2 yang masing-masing iklan berdurasi 30 detik. Analisis yang digunakan adalah analisis studi kasus Robert K.Yin dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini endorser selebriti politik adalah upaya untuk memperoleh suara (votting getter) pada pilpress 2014 pasangan Jokowi-JK menggunakan strategi politician celebrity endorser dengan strategi penyampaian pesan persona politik (vocally, iconically, dan kinestic). Hal itu bisa dilacak dari elemen yang mengiringnya entah itu berbasis legitimasi, popularitas, maupun kharisma. Adapun vote getter sendiri pada dasarnya merupakan bentuk kulminasi daripada endorsement tersebut.

Kata Kunci : Iklan Politik, Endorser, Vote Getter.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angga. (2014). Terburuk Sepanjang Sejarah, Golput Pilpres Capai 56,7 Juta. www.harianterbit.com

Retrieved from http://www.harianterbit.com/read/2014/07/23/5622/26/26/Terburuk-Sepanjang-Sejarah-Golput-Pilpres-Capai-567-Juta.

Gaffney, J. (2017). Leadership and the Labour Party Narrative and Performance (1st ed.). UK: Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/978-1-137-50498-2

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertsing, Komunikasi Pemasaran. (C. Ke-7, Ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Maharani, D. (2014, July 22). Ini Hasil Resmi Rekapitulasi Suara Pilpres 2014. Kompas.com. Retrieved from http://nasional.kompas.com/read/2014/07/22/20574751/Ini.Hasil.Resmi.Rekapitulasi.Suara.Pilpres.2014

McNair, B. (2011). Political Communication - An Introduction to Political Communicaiton. Political Communication. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory. Mass Communication Theory (6th Editio, Vol. 6th). London: SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446262467

Nurcahyo, R. (2014, February 2). Jumlah Pemilih Pemilu, Pemuda Kuasa 40 Persen Suara. Pemilu.com. Retrieved from http://www.pemilu.com/berita/2014/02/jumlah-pemilih-pemilu-2014-pemuda-kuasai-40-persen-suara/

Perse, E. M., & Lambe, J. L. (2017). MEDIA EFFECT AND SOCIETY (2nd ed.). New York: Routledge.

Piliang, Y. A. (2009). Sebuah Dunia yang Dilipat: Realitas Kebudayaan Menjelang Milenium Ketiga dan Matinya Postmodernisme. Jakarta: Mizan.

Sabrina, A. (2013, January 21). Pengunduran Hary Tanoe Diikuti Kader Nasdem Lain. Kompas.com. Retrieved from http://nasional.kompas.com/read/2013/01/21/17582882/Pengunduran.Diri.Hary.Tanoe.Diikuti.Kader.Nasdem.Lain

Semetko, H. A., & Scammell, M. (2012). The SAGE Handbook of Political Communication. London: Sage Publilcations Inc.

Septiani, N. (2014). Narsisisme Politik dalam Iklan Capres. Retrieved June 18, 2015, from https://www.kompasiana.com/ninaseptiani/kampanye-iklan-capres-dibiayai-negara_54f98072a3331178178b4ffd

Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2013). Integrated Marketing Communications. Integrated Marketing communications. https://doi.org/10.1300/J057v01n01

Siswanto. (2009). Sujiwo Tejo Tinggalkan Golput Demi JK. Viva.co.id. Retrieved from https://www.viva.co.id/berita/politik/72191-sujiwo-tejo-tinggalkan-golput-demi-jk.

Trisnawati, F. A. (2014). Pengaruh Terpaan Iklan Politik terhadap Tingkat Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pilpres 2014. Universitas Gunadarma.

Turner, G. (2013). Understanding Celebrity (Second Ed). Queensland: SAGE Publications Ltd.

Wasito, J. R. (2014). Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi III, APSSI. In Media Selebritas dan Pencitraan Pemilu. APSSI.

Wheeler, M. (2013). Celebrity politics (1st ed.). Cambridge: Polity Press. https://doi.org/10.1002/9781118541555.wbiepc034




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v5i1.2940

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v5i1.2940.g2329

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836