STUDI SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KEINDAHAN BANGUNAN DALAM BROSUR CLUSTER ANDALUS PT.CEMPAKA ARUMPERMAI ESTATE

Devi Aprianti, Rachmaniar Rachmaniar

Sari


Abstract - PT. Cempaka Arum Permai Estate sebagai sebuah perusahaan properti sejak 2009 mengembangkan perumahan  Cluster Andalus. PT. Cempaka Arum Permai Estate menggunakan brosur  sebagai salah satu media Public   Relations nya. Brosur Cluster Andalus disebarkan dengan    tujuan untuk memperkenalkan produk perumahan kepada    masyarakat dan memberikan informasi yang dapat membantu masyarakat untuk mengenali produknya. Konsep brosur dibuat informatif dan menarik agar  pesan yang terkandung didalamnya dapat dimengerti dan diterima dengan  baik  oleh  konsumen. Penyajian yang menarik akan menentukan  tercapainya tujuan promosi, karena suatu pesan akan diterima dengan baik oleh pasar sasaran jika pesan tersebut menarik dan mudah dimengerti baik dari segi bahasa maupun   pengungkapannya. Keindahan bentuk dan warna bangunan pada brosur merupakan salah satu point penting untuk menarik perhatian konsumen. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis mengambil judul―Representasi Keindahan Bangunan  Dalam Brosur Cluster Andalus‖. Maksud dari penelitian ini  adalah untuk memahami representasi Keindahan Bangunan    Cluster Andalus dari segi bentuk dan warna. Metode  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif  dengan paradigma konstruktivis dan pendekatan semiotika. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik  pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, studi  literature  dan penyelusuran internet. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data collection, data reduction, data display, dan data verification. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan  pembahasan ini adalah bentuk garis lurus dipadu padankan dengan bentuk - bentuk garis lainnya menghasilkan keindahan  bentuk bangunan dalam brosur Cluster andalus dan warna abu-abu dipadupadankan dengan warna-warna lainnya menghasilkan keindahan bangunan dalam  brosur cluster Andalus. Hal ini menunjukan  bentuk bangunan minimalis  pada Cluster Andalus dan warna bangunan pada brosur Cluster Andalus merepresentasikan keindahan.


Kata Kunci : Media Relasi Umum, Respresentasi.

 

Abstract - PT. Cempaka Arumpermai Estate as a property company since 2009 to develop housing Cluster Andalus. PT. Cempaka Arumpermai Estate using brochures as one of Public Relations media. Cluster Andalus brochure distributed with the aim to introduce products to the public housing and provide information that can help people to identify their products. Concept created informativeand  interesting  brochure  that  the  messages    contained  therein  can  be  understood  and  well received by consumers. Interesting presentation will determine the achievement of promotion, because a message will be well received by the target market if the message is interesting and easy to understand in terms of both language and disclosure. The beauty of form and color of the building on the brochure is one important point to attract the attention of consumers. Based on the above  background,  the  authors  take  the  title  "Beauty  of  Representation  Cluster  Building  In Brochure Andalus". The purpose of this study is to understand the beauty of Building Cluster Andalus representation in terms of form and color. Metode used in this study is a qualitative method and the constructivist paradigm, semiotic approach. While data collection techniques using the techniques of data collection in-depth interviews, observations, literature studies and internet. The data analysis  technique used is data collection, data reduction, the data display, and data verification.  The results of the  research  and  the  discussion  is a  straight line  matching combined with a form - the form of other lines produce beauty of form building in the brochure Cluster andalus and gray colors - mix and match with the color gray - other colors produce a beautiful building in a cluster Andalus Hal brochure shows the shape of the building Cluster Andalu and minimalist color brochure building on Cluster Andalus represents beauty.


Keyword: Public Relations Media, Representation


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro. 2008. Public Relations Praktis.

Bandung : Widya Padjajaran

----------------------. 2011. Handbook of

Public Relations. Bandung : Sibiosa

Rekatama Media

----------------------. 2010. Metodologi Penelitian

untuk Public Relations : Kuantiitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus

Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka

Utama.

Iriantara, Yosal dan Surachman A. Yani.

Public Relations Writing. Bandung :

Simbiosa Rekatama Media

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung : Rosda

Prayudi, SIP, MA. 2006. Penulisan Naskah Public

Relations. Yogyakarta : Andi




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.223

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.223.g194



Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License