CORPORATE IDENTITY VISUAL DAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI FASILITAS RUANG BACA DI BAPUSIPDA JAWA BARAT

Tirayan Agustina, Rachmaniar Rachmaniar

Sari


Abstract - In the opinion of the public library is a place to store books that are old fashioned or outdated and drab place. With grim reading room, full of dust, stuffy and dark. This negative image of the library in society that drives Bapusipda Jabar, to change the negative image by construct a new building and provide complete facilities for library users This study aims to understand the image of West Java Bapusipda through corporate identity visual "reading room facility" children, adolescents and adults. This study used a qualitative approach, constructivist paradigm and case study method. These results indicate that the negative image attached to the old library building, it certainly turned out to be more positive, because of the attractive design of the new building. In terms of facilities almost all informants responded positively, be it in furniture, interior design, audio visual room, children's playground, a discussion and OPAC. These facilities make informants feel comfortable and at ease to linger at the library. This positive image is also evident from the increasing statistics of each reading room, both of visitor statistics, statistics borrowers, statistics and statistical books borrowed books read, since the building of the new library opened in February and May 2013.


Keywords : Corporate Visual Identity, Reading Room Facilities, Library Image
 
 
 
Abstrak - Perpustakaan  menurut pendapat masyarakat umum adalah suatu tempat untuk menyimpan buku-buku yang sudah kuno atau ketinggalan jaman dan tempat yang menjemukan. Dengan ruang baca yang suram, penuh dengan debu, pengap dan gelap. Citra perpustakaan yang negatif di mata masyarakat  inilah yang mendorong Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat, untuk mengubah citra negatif tersebut dengan membangun gedung baru dan memberikan fasilitas yang lengkap bagi pengguna perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami citra Bapusipda  Jawa  Barat melalui  corporate identity visual  “fasilitas ruang  baca”  anak, remaja  dan dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivis dan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan citra negatif yang melekat pada gedung perpustakaan lama, secara pasti berubah menjadi lebih postif, karena desain gedung baru yang menarik. Dari segi fasilitas hampir semua informan memberikan respon yang positif, baik itu pada perabot, desain interior, ruang audio visual, arena bermain anak, ruang diskusi dan OPAC. Fasilitas-fasilitas tersebut membuat informan merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama berada diperpustakaan. Citra yang positif ini juga tampak dari semakin meningkatnya data statistik masing-masing ruang baca, baik dari statistik pengunjung, statistik peminjam, statistik buku yang dipinjam dan statistik buku yang dibaca, dari sejak gedung perpustakaan baru dibuka pada bulan Februari hingga Maei 2013.

Kata Kunci : Corporate Identity Visual, Fasilitas Ruang Baca, Citra Perpustakaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Hasan. 2008. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public

Relations. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi

Penelitian untuk Public Relations.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Atmodiwirjo, Paramita. 2009. Pedoman Tata

Ruang dan Perabot Perpustakaan

Umum. Jakarta: Perpustakaan

Nasional RI.

Bungin, Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah:

Pendekatan Aspek Manajemen dan

Tata Kerja. Jakarta: Grasindo.

Hurlock, E.B. 1994. Psikologi Perkembangan:

Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak

(Psikologi Perkembangan). Bandung:

Mandar Maju.

Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public

Relations & Aplikasinya di Indonesia.

Jakarta: PT. Grafiti.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di

Indonesia. SalembaEmpat: Jakarta

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis

Riset Komunikasi: Disertasi contoh

praktis riset media, public relations,

advertising, komunikasi organisasi,

komunikasi pemasaran. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Lasa, H.S. 2005. Manajemen Perpustakaan.

Yogyakarta: Gama Media.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Muhammad, Arni. 2007. Komunikasi

Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian

Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu

Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhayati Hs, Arifin. 2004. Penataan Taman

di Rumah Tinggal. Jakarta: Gramedia.

Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative

Research and Evaluation Methods.

USA: Sage Publication Inc.

Purwanto, Djoko W. 2007. Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S.W. 2011. Psikologi Remaja.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Sulistyo, Basuki. 1993. Pengantar Ilmu

Perpustakaan. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Sutojo, Siswanto. 2004. Membangun Citra

Perusahaan. Jakarta: PT. Damar

Mulia Pustaka.

Yin, Robert K. 2003. Studi Kasus: Disain dan

Metode. M. Djauzi Mudzakir

(Penerjemah). Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.220

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.220.g187

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836