Pengaruh Tayangan Iklan TV Terhadap Brand Image Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin

Pramelani Pramelani

Sari


ABSTRAK

Seiring adanya kesadaran masyarakat untuk kembali ke alam (back to nature). Maka tidak sedikit produsen yang beralih produknya ke arah herbal. Semakin menjamurnya obat herbal khususnya obat pereda masuk angin, maka persaingan ketat terjadi antar merek. Merek Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin adalah pemain baru dibandingkan merek Tolak Angin dan Antangin. Untuk mendapatkan respon di pasar, merek Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin mengiklankan produknya dengan bintang dangdut Cita Citata. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh tayangan iklan Terhadap Brand Image (Citra Merek) Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden dan melalui teknik analisa regresi linier didapatkan hasil yaitu tayangan iklan TV  terhadap brand image (citra merek) Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin memiliki pengaruh yang signifikan. Analisa koefisien determinasi (R2) memperoleh sebesar 24,1% pada variabel iklan TV, sedangkan sumbangan sebanyak 75,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci: Tayangan Iklan, Merek, Citra Merek

 

ABSTRACT

Along with the public awareness to return to nature (back to nature). So not a few manufacturers who switch products to herbs. The more the proliferation of herbal medicine, especially cures for a cold, then the fierce competition occurs between brands. Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin Brand is a new player compared to Tolak Angin brand and Antangin brand. To get a response in the market, the brand Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin advertises its product with dangdut star Cita Citata. Therefore, the researcher is interested to examine the effect of advertisement on Brand Image. Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin. By using quantitative research method, the researcher distributed questioner as much as 100 responders and through linear regression analysis technique got result that TV show advertisement to brand image Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin have significant influence. The coefficient of determination (R2) analysis was 24.1% in the TV ad variables, while the contribution of 75.9% was influenced by other factors.

 

Keywords: Ad Impressions, Brands, Brand Image


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Sani & Taufik Edi Sutanto. (2015). Statistika Tanpa Stress. Jakarta: TransMedia Pustaka.

Baran, Stanley J. (2012). Pengantar Komunikasi Massa Melek Media dan Budaya. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Bisnis.com. (2016). 10 Tahun Terakhir, Obat Herbal Kian Diminati. http://semarang.bisnis.com/read/20160724/1/88556/10-tahun-terakhir-obat-herbal-kian-diminati.

Budiarjo, Lawu. (2013). 70 Artis Dongkrak Citra Sidomuncul. http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/08/230118/70-Artis-Dongkrak-Citra-Sidomuncul.

Kartajaya, Hermawan. (2010). Sales Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Kartajaya, Hermawan. (2010). Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya dan Hooi Den Huan. (2017). Marketing for Competitiveness. Yogyakarta: Bentang.

Kusrianto, Adi. (2010). Menyusun layout iklan dengan CorelDraw. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

M.A., Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sani K., Fathnur. (2016). Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Sumarwan, Ujang, Herien Puspitawati, Agustinus Hariadi, Mochammad Mukti Ali, Muhammad Gazali, Sri Hartono, Tara Farina. (2013). Riset Pemasaran Dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

SWA. (2015). Antangin Vs Tolak Angin, Panasnya Perang Obat Masuk Angin.https://m.tempo.co/read/news/2015/09/25/093703782/antangin-vs-tolak-angin-panasnya-perang-obat-masuk-angin

Toedjoe, Bintang. (2017). Obat Masuk Angin.http://bintang7.com/product/obat-masuk-angin

Wahyudi, Sandy. (2012). Entrepreneurial Branding and Selling. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i2.2178

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i2.2178.g1658

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836