Feminisme dalam Tayangan Iklan Televisi Kategori Produk Laki-Laki

Evi Novianti, Aat Ruchiat Nugraha

Sari


ABSTRAK

Sosok perempuan sebagai makhluk yang halus dan lembut menjadi nilai yang menarik untuk dijadikan objek iklan. Lain halnya dengan produk iklan untuk laki-laki yang diperankan oleh perempuan menjadi hal yang tidak wajar dan akan menimbulkan efek penasaran bagi khalayak yang menontonnya. Fenomena inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian produsen untuk meningkatkan omset penjualan produknya melalui pemanfaatan sosok perempuan khususnya dalam iklan L-Men dan Axe for Men sebagai aktor tambahan dalam ide cerita iklan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis data melalui semiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perempuan yang berperan di ruang publik sebagai objek iklan dapat menarik daya visualisasi khalayak dan secara komunikologi sebagai makhluk yang misterius dan penuh sensasional. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa citra perempuan sangat efektif untuk dijadikan objek iklan dalam usaha mningkatkan daya ungkit penjualan suatu produk.

 

Kata Kunci: Perempuan, Iklan, Produk, dan Citra. 

 

ABSTRACT

The figure of women as a creature that is smooth and soft be of value that is pulled to be used as an object advertising. In contrast with advertising a product for men that is played by women become unnatural and will an undesired effect curious for people who watch it. Phenomena this is that is occupied by producers to increase turnover sales their products through the use of the figure of women in particular in advertising l-men and axe for men as the actor an additional a story idea advertising. This research in a qualitative with a kind of data analysis through semiotic. The research results show that image of women play into public space as an object ad can be draws power visualize audiences and in komunikologi creatures mysterious and full of sensational. Drawing conclusions research shows that image of women was very effective for to becoming an advertisement in business mningkatkan power bob up and down sales a product.

 

Keywords: women, advertising, product,, and image


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Biagi, Shirley.(2010).Media/Impact: Pengantar Media Massa.Edisi Kesembilan.Jakarta:Penerbit Salemba Humanika.

Butterick, Keith.(2012).Pengantar Public Relations:Teori dan Praktik.Jakarta:PT. Rajawali Press.

Jackson, Stevi dan Jones, Jackie (Ed).(2009). Pengantar Teori-Teori Feminis Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra.

Nurjaman, Kadar dan Umam, Khaerul.(2012).Komunikasi & Public Relation:Panduan untuk Mahasiswa, Birokrat, dan Praktisi Bisnis.Bandung:CV. Pustaka Setia.

Soemanagara.(2008).Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan.Bandung:Alfabeta.

Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro.(2002).Dasar-dasar Public Relations.Bandung:Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i2.2036

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i2.2036.g1647



Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License