Implementasi Promosi Online Dalam Menciptakan Minat Membeli (Studi Kasus: Distributor Kosmetik Galvanic Spa Nu Skin)

Meilani Dhamayanti

Sari


ABSTRACT

One of the activity of integrated marketing communications that is very important in introduce  of the product is promotion. Effective promotion  will have  an impact on sale. Now, many people do their business with online promotion. Developments of internet have made easy to do online promotions to support its busines.  Because online promotion has  many advantage offer than other medias. Researchers use theories and concepts in the field of communication study, including integrated marketing communications, online promotion, and the concept of promotion. In the implementation of the study, researchers used a qualitative approach in order to learn more deeply about the implementation of the online promotion by using in-depth interviews to the informant. The results of this study is expected to provide inputs to distributor in implementing the online promotion, though with limited funds. The selection of approriate promotion media will have an impact on increasing sale.

 

Keywords: Integrated marketing communications,  promotion, online promotion, interest

 

ABSTRAK

Salah satu aktifitas komunikasi pemasaran terpadu yang sangat penting dilakukan pebisnis dalam memperkenalkan produk kepada  konsumen adalah promosi. Promosi yang efektif akan memberi dampak pada penjualan. Perkembangan internet telah mempermudah pebisnis untuk melakukan promosi dengan memanfaatkan media online. Saat ini  pebisnis banyak melakukan promosi secara online untuk menunjang bisnisnya. Hal ini dikarenakan promosi online memiliki kelebihan yang tidak dimiliki bila dengan melakukan prmosi melalui media lain. Peneliti menggunakan teori dan konsep tentang komunikasi pemasaran, bauran promosi, dan konsep tentang promosi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif guna mengetahui lebih mendalam mengenai penerapan bauran promosi dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam kepada informan. Hasil  penelitian ini dapat memberi masukan kepada distributor kosmetik dalam menerapkan bauran promosi melalui media online, meski dengan keterbatasan biaya bisnis tetap jalan. Pemilihan media promosi online dapat memberikan dampak pada peningkatan penjualan.

 

Kata Kunci: komunikasi pemasaran terpadu, promosi, promosi online, minat .


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Belch, George E, Michael A.Belch, Advertising and Promotion. (2009). An integrated Marketing Communication Perspective, New York: Mc Graw Hill.

Crow,Crow. (1973). An Out Line of General Psychology.New York:Lithfe Field Adam.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran.Edisi Millenium. Jakarta:Prenhallindo, 2002

Morrisan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka

Winkel. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia. Jakarta.

Rakhmat, Jalaludin. (2014). Metode Penelitian Komunikasi : dilengkapi Contoh Analisis Stasistik. Bandung: Remadja Rosdakarya

Reza, Faizal .(2016). Strategi Pemasaran Online Lazada.co.id, Volume IV, No.1.

Triatmanto, (2003), Strategi Produk Melalui Media Periklanan. Jurnal Periklanan, (Online), Vol. 5, No. 1

Setiawan, Ilham, Anton, A, dan Susila, I.

(2004). Pengaruh Service Quality Perception Terhadap Purchase Intention: Studi Empirik Pada Konsumen Supermarket. Usahawan, 33, (7).




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1790

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1790.g1489



Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License