KONSTRUKSI MAKNA TENTANG REPUTASI SMART SURVEILLANCE DI KOTA BANDUNG

S Nurul Fatonah, Dasrun Hidayat, Diny Fitriawati

Sari


ABSTRACT

This research argued about the meaning of smart surveillance. The purpose of this research was to know meanings smart surveillance at the external public of smart surveillance itself about how the public external smart interpret surveillance among which interpret security facilities, security and behavioral changes after the presence of smart surveillance as well as the meaning of Bandung as smart surveillance. This research use qualitatively. Researchers used the method in axiology phenomenological study because researchers wanted to construct meaning from experience conscious individuals the external public in defining smart surveillance. Data collection techniques used is through in-depth interviews. Results from this research that the public external smart interpret vary regarding surveillance, external public revealed that Bandung is towards town with a security system based on technology, but have not executed to the fullest.

 

Keywords: reputation, image, smart surveillance, smart city.

 

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang pemaknaan smart surveillance. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetaui pemaknaan smart surveillance pada publik ekternal  dari smart surveillance itu sendiri mengenai bagaimana para publik ekternal memaknai smart surveillance diantaranya yaitu memaknai fasilitas keamanan, rasa aman dan perubahan prilaku pasca hadirnya smart surveillance serta pemaknaan bandung sebagai smart surveillance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatatif. Peneliti menggunakan metode studi fenomenologi dikarenakan secara aksiologi peneliti ingin mengkonstruksi makna berdasarkan pengalaman sadar individu para publik ekternal dalam memaknai smart surveillance. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara secara mendalam. Hasil dari penelitian ini yaitu para publik ekternal memaknai beragam mengenai smart surveillance, publik eksternal mengungkapkan bahwa Bandung memang menuju kota dengan sistem kemanan berbasis teknologi, tetapi belum di eksekusi secara maksimal.

 

Kata Kunci: reputasi, citra, smart surveillance, smart city.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro. (2009). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Butterick, Keith. (2012). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Creswell, John W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hidayat, Dasrun. (2014). Media Public Relations. Bandung : Grha Ilmu.

Kasali, Rhenald. (2000). Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

Kuswarno, Engkus. (2013). Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi, Konsepsi Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung : Widya Padjajaran.

Moleong, J lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyana, Deddy. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ruslan, Rosady. (2010). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Soemirat, Soleh. Ardianto, Elvinaro. (2008). Dasar-Dasar Public Relations, Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Bandung.go.idhttp://portal.bandung.go.id/site/sdk-skpddetail/Dinas-Komunikasi-dan-Informatika) Dinas Komunikasi dan Informatika, diakses pada 14 Juni 2016, 14.13 WIB.

Facebook Ridwan Kamil (https://www.facebook.com/RKbdg/photos/a.169914043160425.1073741830.163237587161404/474428426042317/?type=3&theater) Ridwan Kamil facebook, Penampakan Panic button, diakses pada 14 Juni 2016,12.14 WIB.

Gambar model teori difusi inovasi (http://www.ou.edu/deptcomm/dodjcc/groups/99A2/curve.JPG)

X-igent Bandung (http://x-igent.com/) Aplikasi x-igent panic button, diakses pada 14 Juni 2016, 12.52WIB




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v3i2.1306

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v3i2.1306.g1107

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836