KONSEP DIRI COSPLAYER “STUDI FENOMENOLOGIS MENGENAI KONSEP DIRI AEON COSPLAY TEAM BANDUNG”

Diny Fitriawati

Sari


ABSTRACT

This study aims to determine the concept of Self and Communication Patterns Cosplayer and to investigate the motives AEON cosplay team members entered the cosplay community in Bandung. Involving six (6) members AEON informants cosplay team as a source of primary research data and information. The method used is a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection techniques in the form of in-depth interviews, documentation studies, and participant observation, using symbolic interaction theory and the theory of social action. The phenomenon under study identified the following research questions: (1) How does the concept of self-cosplayer AEON Bandung, (2) What is the motive AEON a member cosplay cosplayer in Bandung, (3) How does an understanding of cosplay cosplayer AEON. The results showed that self-concept AEON cosplay team members tend to form positive distinctiveness of the team cosplay AEON family of mutual support, help and complement each other. However, it can be concluded that the members of AEON cosplay team can maintain the integrity of the team despite having a self-concept motives and different.

 

Keywords: Self concept, Cosplayer, Motives

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep Diri Cosplayer serta untuk mengetahui motif anggota AEON cosplay team masuk dalam komunitas cosplay yang ada di Bandung. Melibatkan 6 (enam) orang informan anggota AEON cosplay team sebagai sumber data dan informasi utama penelitian. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan pengamatan berperan serta, dengan menggunakan teori interaksi simbolik dan teori tindakan sosial. Fenomena yang diteliti diidentifikasi dalam pertanyaan penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana konsep diri cosplayer AEON Bandung ; (2) Apa motif cosplayer AEON  menjadi anggota cosplay  di Kota Bandung ; (3) Bagaimana pemahaman cosplayer AEON tentang cosplay. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri anggota AEON cosplay team cenderung positif terbentuk kekhasan dari AEON cosplay team yaitu kekeluargaan yang saling mendukung, membantu dan saling melengkapi. Namun dapat disimpulkan bahwa anggota AEON cosplay team dapat menjaga keutuhan team walaupun memiliki motif dan konsep diri yang berbeda-beda.

 

Kata kunci: Konsep Diri, Cosplayer, Motif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burns, R. B. (1993). Konsep Diri : Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta : Arcan.

Creswell, John. W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design : Cnoosin Among Five Tradition, Thousand Oaks : Sage.

Effendi, Onong Uchana. (2003). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Kuswarno, Engkus. (2009). Fenomenologi. Bandung : Widya Padjadjaran

Liliweri, Alo. (2003). Dasar-dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Littlejohn, Stephen W. (2009). Teori Komunikasi Theories of Human Communications, edisi sembilan. Jakarta : Salemba Humanika.

Miller, Katherine. (2002). Communication Theories, Perspektif, Processes, and Contexts. Boston : McGraw-Hill.

Mulyana, Deddy. (2001). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

--------------------.(2004). Metode Penelitian Kualitatif :

Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja Rosdakarya.

--------------------. (2005). Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintasbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Poloma, Margaret. M. (2010). Sosiologi Kontemporer. Jakarta : Rajawali Pers.

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sendjadja, S. Djuarsa. (1994). Teori Komunikasi. Jakarta Universitas Terbuka.

Syam, Nina W. (2009). Sosiologi Komunikasi. Bandung : Humaniora.

Zeitlin, Irving M. (1995). Memahami Kembali Sosiologi : Kritik Terhadap Teori Sosiologi Kontemporer. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Aisyah, Karina. (2012). Rasa Memiliki Dalam Komunitas Cosplay. Tesis, Program Pascasarjana Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Sandika, Edria. (2010). Dinamika Konsumsi Dan Budaya Penggemar Komunitas Tokusatsu Indonesia. Tesis, Program Pascasarjana Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Triwardani, Reny. (2006). Kajian Kritis Praktis Anak Menonton Film Kartun Di Televisi Dalam Aktivitas Keseharian Di Banyuwangi. Jurnal, Universitas Kristen Petra Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v3i1.1226

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v3i1.1226.g997

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836