MAKNA HUBUNGAN ANTARPRIBADI MELALUI MEDIA ONLINE TINDER

Karlina Nadya, Dasrun Hidayat, Maya Retnasary

Sari


ABSTRACT

The focus of this research is based on the meaning of the Inter-personal relationships Tinder users in Bandung. Establishing a relationship via technology should be based on the preparation of appropriate communication messages. Open attitude and the attitude of trust becomes an important thing that Inter-personal communication is still running despite using Tinder media. This study used a qualitative approach on the grounds that this approach is the approach that interprets the phenomena that occur naturally. The method used is phenomenological method as a key concept in this research is to examine the meaning of a user Tinder. Results from this study that the communication can run well with good management communication messages such as the preparation of topics and use of emoticons. Openness and trust in Tinder users can also support communication even if only by using the media.

 

Keywords: Tinder, Inter-personal communication, social media

 

ABSTRAK

Fokus penelitian ini didasarkan pada makna hubungan Antar pribadi pengguna Tinder di Bandung. Menjalin sebuah hubungan via teknologi harus didasari dengan penyusunan pesan komunikasi yang tepat. Sikap terbuka dan sikap percaya menjadi suatu hal yang penting agar komunikasi Antar pribadi tetap berjalan walaupun dengan menggunakan media Tinder. Penelitian ini menggunakan pendekeatan kualitatif dengan alasan bahwa pendekatan ini adalah pendekatan yang menafsirkan fenomena yang terjadi secara alamiah. Metode yang digunakan adalah metode fenomenologi karena konsep utama dalam penelitian ini adalah mengkaji tentang makna seorang pengguna Tinder. Hasil dari penelitian ini bahwa komunikasi dapat berjalan dengan baik dengan pengelolaan pesan komunikasi yang baik seperti penyusunan Tema dan penggunaan emoji. Sikap terbuka dan percaya pada pengguna Tinder juga dapat menunjang komunikasi walaupun hanya dengan menggunakan media.

 

Kata kunci : Tinder, Komunikasi Antar pribadi, media sosial


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hidayat, Dasrun. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moleong, LJ. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morrisan, (2013). Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. Solatun. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v3i1.1214

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v3i1.1214.g989

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836