Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Madrasah Aliyah Attaqwa Tangerang

Ahmad Yani, Ahmad Syauki, Siti Marlina

Abstract


Madrasah Aliyah Attaqwa Tangerang adalah salah satu lembaga pendidikan yang sedang berkembang di kawasan Tangerang. Perkembangan lembaga pendidikan Attaqwa ini akan sangat terbantu dengan pemanfaatan teknologi informasi. Penulis ingin berkontribusi kepada lembaga pendidikan Attaqwa ini dengan merancang Sistem Informasi Akademik  berbasis web agar dapat membantu kelancaran proses kegiatan belajar mengajar. Sistem Informasi Akademik yang penulis rancangan ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall mulai dari tahap analisis, desain, implementasi, testing dan pemeliharaan sistem. Sistem Informasi Akademik ini akan mengelola data siswa, guru, nilai dan informasi sekolah yang akan disampaikan kepada masyarakat luar dengan lebih efektif dan memiliki ruang lingkup yang lebih luas dalam proses penyaluran informasi. Dengan adanya Sistem Informasi Akademik berbasis Web akan sangat membantu lembaga pendidikan Attaqwa dengan memberdayakan secara optimal fasilitas internet yang telah ada untuk mempermudah pengolahan data dalam pelaksanaan kegiatan operasional lembaga juga menjadikan website sebagai salah satu sarana yang efektif dan efesien dalam hal mengenalkan  atau mempromosikan lembaga pendidikan Madrasah Attaqwa Tangerang kepada masyarakat.


Keywords


Sistem Informasi Akademik Berbasis Web

References


Anhar.(2010). Buku Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita, 2010.

Enterprise, Jubilee.(2009). Photoshop 3 in 1. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Fatta, Hanif Al(2007). Analisa Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: CV. Andi Offset (Penerbit Andi).

Komputer, Wahana.(20100. Shortcourse Mendesain Website Dinamis dan Menarik dengan Adobe Dreamweaver CS 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Puspita, Heni A,(2010). Membangun Website Interaktif Dengan Adobe Creative Suite5 Tingkat Dasar. Jakarta: Scripta.

Riyadi, Septima, Anggiani, Eko Retnandi, Asep Dedd.(2012). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Subsistem Guru Di Sekolah Pesantren Persatuan Islam 99 Rancabango. ISSN : 2302-7339. Jurnal STT-Garut ,Vol. 09 No. 40,1-7.

Saraswati, Ella.(2013). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Peringkuku. ISSN: 2302-5700: IJNS, Volume 2 No 4, 9-17.

Sutanta, Edhy.(2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: CV. Andy Offset.

Utama, Yadi.(2011). Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya. ISSN:2085-1588. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 3, NO. 2, Oktober, 2011,359-370.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v6i2.6038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License