Rancang Bangun Aplikasi SPPD KPPN Medan II Berbasis Web Menggunakan Metode Prototyping

Crystal Jelita Lumban Tobing

Abstract


KPPN Medan II merupakan salah satu unit organisasi pemerintah pada Kementerian Keuangan. Dimana pimpinan serta para pegawai yang bekerja di KPPN Medan II tersebut selalu melakukan perjalanan dinas antar kota maupun diluar kota. Dengan keadaan tersebut maka pembuatan dokumen SPPD mengalami tingkat intensitas aktivitas perjalanan dinas yang dilakukan oleh para pegawai KPPN Medan II dapat dikatakan sering. Sehingga didalam pembuatan SPPD di KPPN Medan II tersebut masih menggunakan cara manual yaitu pencatatan melalui microsoft word yang dalam artian kurang efektif dan efisien. Dalam penamaan pegawai yang mendapat tugas resmi, petugas memasukkan data karyawan secara manual yang menerima surat perjalanan resmi secara otomatis rawan hilang karena data ditulis secara manual. Aplikasi SPPD berbasis web dibangun dengan menerapkan metode prototyping ini nantinya diharapkan dapat mempermudah petugas pengelola SPPD KPPN Medan II dalam pembuatan SPPD yang efektif, efisien, akurat, hemat waktu, dan tidak rawan kehilangan data SPPD para pegawai KPPN Medan II yang akan,sedang, serta telah melakukan perjalanan dinas dikarenakan adanya database khusus untuk menampung segala file-file SPPD.


Keywords


Aplikasi SPPD berbasis website

References


Bangun, R., Surat, A., Perjalanan, P., Negara, P., & Ii, M. (2018). Laporan akhir kerja praktek.

Informatika, J. I., Prototype, B., & Evaluation, P. (2016). SISTEM INFORMASI AKADEMIK AMIK IBRAHIMY, 1(1), 17–23.

Rabbani, Rizqiena Mulya. 2017. Tugas Akhir Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas PoliteknikNegeri Batam berbasis Website, Batam : Politeknik Negeri Batam.

Saputra, Andana Eka. 2015. Laporan Akhir Perancangan Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Di PT. Bank SulutGo Kantor Pusat Manado, Manado : Politeknik Negeri Manado.

Susanto, R., Andriana, A. D., Susanto, R., & Andriana, A. D. (n.d.). PERBANDINGAN MODEL WATERFALL DAN PROTOTYPING, 14(1), 41–46.

Umam, A. S. (n.d.). Sistem Keamanan Ruangan Berbasis WEB Menggunakan Webcam dan Sensor PIR, 1–6.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v6i1.5533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License