MENDETEKSI KEAKURATAN METODE NOISE SALT AND PEPPER DENGAN MEDIAN FILTER

Nurul Fadillah, Chicha Rizka Gunawan

Sari


Abstract

Suatu data atau informasi disajikan tidak hanya berupa data teks tetapi juga dapat berupa audio, video, dan gambar. Pada zaman sekarang, informasi sangatlah penting dan diperlukan, begitu juga informasi yang terdapat pada citra. Citra (image) atau istilah lain untuk gambar merupakan salah satu komponen multimedia yang berperan penting sebagai bentuk informasi visual. Dibandingkan dengan data teks, citra memiliki banyak informasi. Namun terkadang citra juga dapat mengalami penurunan yaitu degradasi atau penurunan kualitas yang disebabkan oleh derau / noise, warna terlalu kontras, kabur, dan lain-lain. Ada beberapa jenis noise dalam pengolahan citra salah satunya yaitu salt & pepper noise. Noise salt & pepper berbentuk seperti bintik hitam dan putih pada citra. Untuk mengurangi noise dibutuhkan suatu metode, salah satunya yaitu median filter. Pada makalah ini, citra yang bernoise salt and pepper, setelah direduksi menggunakan median filter, gambar yang bernoise tersebut langsung menjadi sebuah citra yang bersih yaitu citra yang dihasilkan sesuai dengan gambar aslinya.

 



Kata Kunci


Noise, salt and pepper, filtering, metode median filter;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Fitri, 2010, Perbandingan Metode Low-Pass Filter dan Median Filter dalam Penghalusan Citra (Image Smoothing) Untuk Peningkatan Kualitas Citra (Image Enhancement). Skripsi Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

S. N. Syarifuddin, 2012, Analisis Filtering Citra dengan Metode Mean Filter dan Median Filter. Skripsi Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

H. Rasyidah, 2011, Analisis Pengaruh Noise Terhadap Deteksi Wajah Manusia Pada Citra Berwarna Menggunakan Fuzzy. Skripsi Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang, Padang.

M. K. Wardhani, Rika Novita; Delimayanti, 2013, Analisis Penerapan Metode Konvolusi Untuk Reduksi Derau Pada Citra Digital. Skripsi Teknik Informatika Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta, pp. 191–198.

B. H. Sholihin, Ricky Aprias; Purwoto, 2014, Perbaikan Citra dengan Menggunakan Median Filter dan Metode Histogram Equalization. vol. 14, no. 02. Skripsi Teknik Elektro Uiversitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

E. Listiyani, 2013, Implementasi Adaptive Median Filter sebagai Reduksi Noise Pada Citra Digital. Skripsi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5439

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat