Implementasi Metode Midpoint Filter Untuk Mengurangi Noise Pada Citra Bersih

Nurul Fadillah, Ilmi Hasny

Sari


Citra yang mengalami penurunan mutu atau kualitas, misalnya karena mengandung cacat atau derau (noise),warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Ketika sebuah citra ditangkap olehkamera, seringkali tidak dapat langsung digunakan sebagaimana diinginkan karena kualitasnya belum memenuhistandar kebutuhan pengolahan. Metode MidPoint Merupakan sebuah filter yang berfungsi mengantikan nilaisebuah piksel dengan nilai rata-rata dari nilai terkecil dan nilai terbesar dari gray-level dalam subimage dibawahjendela ketetanggaan ukuran M x N. Secara sederhana filter midpoint  bertujuan untuk menghitung titik tengahantara  nilai maksimum dan nilai minimum dalam daerah citra yang diliputi oleh filter.  Yang kemudianmenghasilkan aplikasi perangkat lunak yang mampu mengurangi efek noise yang mengganggu pada citra digitaldengan menggunakan metode MidPoint Filter. 


Kata Kunci


Pengolahan Citra Digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bambang, Yuwono. 2010. “Image Smoothing Menggunakan MidPoint Filtering, Median Filtering, Modus Filtering, dan Gaussian Filtering”. Jurnal Telematika, Vol. 7, No. 1, Juli 2010, hal. 65-75.

Eko, Prasetyo. 2011. “Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Menggunakan Matlab”. Penerbit Andi, ISBN: 978-979-29-2703-0, Yogyakarta.

Iqbal, M. 2009. “Dasar Pengolahan Citra Menggunakan MATLAB”. Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan. Bogor. Institut Pertanian.

Sholihin, Ricky Aprias. 2013. “Implementasi Median Filter dan Metode Histogram Equalization dalam Perbaikan Citra”. Teknik Elektro. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

T.Sutoyo,Mulyanto, Edy.2009.”Teori Pengolahan Citra Digital”. Semarang.C.V Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5310

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat