Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation

Yemima Monica Geasela, Pranchis - Ranting, Johanes Fernandes Andry

Sari


Abstrak

Dengan berkembangnya teknologi informasi, meningkat pula cara pembelajaran yang semakin modern salah satunya dengan menggunakan e-learning. E-learning adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan website sebagai media dasarnya. Dengan adanya e-learning, pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. E-learning yang baik adalah e-learning yang dapat meningkatkan kemampuan pengguna yang menggunakannya. Desain antarmuka menjadi salah satu elemen paling penting yang dapat mendukung kualitas edukasi di dunia maya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi desain antarmuka suatu website berbasis e-learning menggunakan human factors dan pendekatan interpretasi ergonomik, untuk meningkatkan usability dan usefulness sebuah sistem. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah evaluasi heuristik yang terdiri atas 10 aturan prinsipnya yang terkenal dalam melakukan penilaian atas suatu desain antarmuka. Hasil penelitian menunjukkan secara umum penilaian terhadap desain interface dan ketermudahan penggunaan suatu website yang memiliki basis e-learning ditemukan telah cukup baik, akan tetapi masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan, terutama yang bersesuaian dengan karakteristik dalam ketermudahan penggunaan.

 

Kata Kunci: website, e-learning, heuristic, usability

 

Abstract

With the development of information technology, studying process is one of the affected aspect by technology and becoming a new modern studying method called e-learning. E-Learning is a studying model that use website as it basis. With the help of e-learning, studying process can be done anywhere and anytime. A good E-Learning is one that can increase the overall skill of the user. Visual design becoming one of the support element that can help the education quality in cyberspace. Therefore, this research purposes aims is to design an e-learning website using human factor and ergonomi interpretation approaches, to improve the usefulness for user and the usefulness for system. The method used in this research is a method that consist of ten rule that was famous for designing. The result of general research about user interface design and the content about e-learning with a basis of website was good enough, but there is still some problem that must be fixed especially those relating with user experience.

 

Keywords: website, e-learning, heuristic, usability


Kata Kunci


website, e-learning, heuristic, usability

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Caesaron, D. (2015). Evaluasi Heuristic Desain Antar Muka (Interface) Portal Mahasiswa (Studi Kasus Portal Mahasiswa Universitas X). Jurnal Metris, 16(1), 9–14.

Deni, & Andry, J. F. (2018). Pengukuran Keberhasilan E-Learning dengan Mengadopsi Model Delone & Mclean (in press). JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), 8(1).

Hanum, N. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Nugraheny, D. (2016). Analisis User Interface dan User Experience pada Website Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta. SENATIK, 2.

Nurlifa, A., Kusumadewi, S., & Kariyam. (2014). Analisis Pengaruh User Interface terhadap Kemudahan Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Seorang Dokter. In Prosiding SNATIF (pp. 333–340).

Savitri, P., & Ispani, M. (2015). Review Desain Interface Aplikasi Sopppos Menggunakan Evaluasi Heuristik. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 95–100.

Setiawan, H., & Mustofa, K. (2013). Metode Audit Tata Kelola Teknologi Informasi di Instansi Pemerintah Indonesia. Jurnal IPTEK-KOM, 15(1), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3741

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat