Penerapan Metode Moving Average Dan Exponential Smoothing Pada Peramalan Produksi Industri Garment

Rizal Rachman

Sari


 

Abstrak

Permasalahan yang umum dihadapi oleh perusahaan adalah bagaimana meramalkan produksi barang di masa mendatang berdasarkan data yang telah direkam sebelumnya. perusahaan tersebut hanya memproduksi sesuai dengan pesanan, sehingga perusahaan hanya melakukan proses produksi sesuai jumlah yang diminta oleh para konsumen, jika terjadi kelebihan dalam produksi maka kelebihannya itu akan disimpan dalam stock, hal ini bertujuan untuk memenuhi permintaan konsumen yang sifatnya mendadak. Peramalan tersebut sangat berpengaruh pada keputusan manajemen untuk menentukan jumlah produksi barang yang harus disediakan oleh perusahaan, kondisi umum bisnis dan ekonomi, reaksi dan tindakan pesaing, tindakan pemerintah, kecenderungan pasar, siklus hidup produk, gaya dan mode, perubahan permintaan dan konsumen inovasi tekhnologi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan menganalisis hasil peramalan produksi garment dengan menggunakan metode peramalan Moving Average dan Exponential Smoothing. Untuk melakukan peramalan, semakin banyak data yang digunakan untuk peramalan maka semakin akurat pula hasil dari peramalan yang dilakukan. Hasil penelitian ini telah berhasil membuat sistem peramalan produksi garment. Sehingga lebih mudah dalam menentukan jumlah produksi garment pada periode tahun-tahun berikutnya.

 

Kata kunci : Peramalan, Moving Average, Exponential Smoothing.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andini. (2016). Peramalan Jumlah Stok Alat Tulis Kantor di UD Achmad Jaya menggunakan Metode Double Exponential Smoothing. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informatika Asia (JITIKA). Vol. 10, No. 1, ISSN : 0852-730X. Februari 2016.

Herjanto. (2009). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nasution. (2008). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prasetio. (2014). Inventory Control Using Statistics Forecasting On Manufacture Company. Jurnal Informatika. Vol. II No. 2, September 2014.

Render, & Heizer. (2009). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat (PT. Salemba Emban Patria).

Setyowati. (2017). Penerapan Metode Single Exponential Smoothing dan Double Exponential Smoothing pada Peramalan Penjualan Pakaian. Artikel Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri, Januari 2017.

Siregar, A. (2009). Analisa Perbandingan Kinerja antara Algoritma Heuristic Pour dan Algoritma Nawaz, Enscore dan Ham (NEH) dalam menyelesaikan Penjadwalan Flowshop pada PT. Cakra Compact Aluminium Industries Medan. Teknik Industri.

Subagyo. (2008). Forecasting Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Sulaksmi. (2014). Penjadwalan Produksi Dengan Algoritma Heuristic Pour ( Studi Kasus : Konveksi One Way - Malang ). Jurnal

INDD, Vol.15 No. 1 Februari 2014.

Taylor. (2009). Sains Manajemen 8th ed. Surabaya: Salemba Empat.

Wardah. (2016). Analisis Peramalan Penjualan Produk Keripik Pisang Kemasan Bungkus ( Studi Kasus : Home Industry Arwana Food Tembilahan). Jurnal Teknik Industri. Vol. XI No. 3, September 2016.

Widodo. (2014). Pendekatan Algoritma Cross Entropy-Genetic Algorithm untuk menurunkan Makespan pada Penjadwalan FlowSHop. Jurnal Jemis, Universitas Brawijaya, Vol. 2, No. 1, Tahun 2014.

Yamit. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Ekonesia Fakultas Ekonomi UII.




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v5i2.3309

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat