Penerapan Metode Palette untuk Menentukan Warna Dominan dari Sebuah Gambar Berbasis Android

Erfian Junianto, Muhammad Zaid Zuhdi

Abstract


Abstrak
Pengolahan citra untuk menemukan warna dominan pada Blazbluz masih berbentuk website sehingga pengguna perlu mengakses website untuk mengetahui harga sablon dari gambar yang diinginkan. Pengolahan citra sudah dilakukan di website melalui PC (portable computer) atau laptop ingin dipermudah dengan melakukan pengolahan citra tersebut di sistem operasi Android, alasan pemilihan Android dikarenakan sistem operasi tersebut sangat populer belakangan ini dan juga banyak disematkan di smartphone. Pengolahan citra digital di Android untuk menentukan warna dominan dari sebuah citra bisa dilakukan dengan menggunakan metode Palette, dengan metode palette aplikasi untuk menentukan harga dasar sablon yang pada awalnya menggunakan website bisa dijalankan di Android. Hasil dari penelitian ini metode palette dapat menghasilkan warna dominan dari citra dengan baik dan aplikasi Android sudah dapat menampilkan harga dasar sablon yang dapat dilihat pengguna.

Kata Kunci: Android, Palette, Pengolahan Citra, Warna Dominan

Abstract
Image processing to find the dominant color in Blazbluz is only available in website thus makes users need to going through the website to find out the cost of image they want to print. The purpose of this research is to do the image processing that can be done from PC or laptop in Android smartphone to make it even more simpler and accessible. The reason why Android is choosen is it is the most popular smartphone OS in the market. Digital image processing in Android using palette method to find out the dominant color in an image. The app using palette method to find out the basic cost of an image to print that run in Android ecosystem. The conclusion of the research is palette method able to create the dominant color of an image well and the Android app can be used by user to findout the basic cost of an image to print.

Keywords: Android, Palette, Image Processing, Dominant Color

Keywords


Android, Palette, Pengolahan Citra, Warna Dominan

References


Android. (2017). Mengenal Android Studio. Dipetik Juni 19, 2017, dari Android Studio: https://developer.android.com/studio/intro/index.html?hl=id

Android. (2017). Palette. Dipetik Juni 19, 2017, dari Android Developers: https://developer.android.com/reference/android/support/v7/graphics/Palette.html

Android. (2017). v7/palette/src/main/java/android/support/v7/graphics/Palette.java - platform/frameworks/support - Git at Google. Dipetik Juni 6, 2017, dari Git at Google: https://android.googlesource.com/platform/frameworks/support/+/master/v7/palette/src/main/java/android/support/v7/graphics/Palette.java

Apriyanti, N. R., Nugroho, R. A., & Soesanto, O. (2015). ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DALAM PENGOLAHAN CITRA DIGITAL LANDSAT. Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK) Vol. 2, 12.

Chan, A., Liem, P., Wong, N. P., & Gunawan, T. (2014). Segmentasi Buah Menggunakan Metode K-Means Clustering Dan Identifikasi Kematangannya Menggunakan Metode Perbandingan Kadar Warna. Jurnal SIFO Mikrosil, 15(2), 91-100.

Erzha, E. (2014). Buku Pintar Merakit Komputer. Dalam E. Erzha, Buku Pintar Merakit Komputer. Publishing Langit.

Fajar, R. (2016, Mei 2). Mengenal Diagram UML (Unified Modeling Language). Dipetik Juli 28, 2017, dari CODEPOLITAN: https://www.codepolitan.com/mengenal-diagram-uml-unified-modeling-language

Fatta, H. A. (2007). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Maturidi, A. D. (2014). Metode Penelitian Teknik Informatika. Yogyakarta: Deepublish.

Nugraha, R. D., Firdaus, & Derisma. (2016). RANCANG BANGUN MOBILE ROBOT PENGIKUT MANUSIA BERDASARKAN WARNA MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING BERBASIS MINI PC. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2016, 3.

Pratiwi, I. (2016, Agustus 15). Pengertian Citra dan Jenis jenis Citra. Dipetik Juni 6, 2017, dari Bangku Sekolah: http://bangkusekolah.com/2016/08/15/pengertian-citra-dan-jenis-jenis-citra/

Pusat Konveksi. (2015, November 7). Kenali Perbedaan Konveksi Dan Garment Yang Dapat Menambah Wawasan Anda. Dipetik Mei 24, 2017, dari Pusat Konveksi: http://www.pusatkonveksi.com/perbedaan-konveksi-dan-garmen.html

Putra, D. (2010). Pengolahan Citra Digital. Dalam D. Putra, Pengolahan Citra Digital (hal. 39-44). Yogyakarta: C.V Andi.

Riadi, M. (2016, April). Pengolahan Citra Digital. Dipetik Juni 17, 2017, dari Kajian Pustaka: http://www.kajianpustaka.com/2016/04/pengolahan-citra-digital.html

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Statista. (2017). Market share held by mobile operating systems in Indonesia from January 2012 to April 2017. Dipetik Juli 2017, 07, dari Statista: https://www.statista.com/statistics/262205/market-share-held-by-mobile-operating-systems-in-indonesia/

Swasty, W. (2010). A-Z Warna Interior Rumah Tinggal . Dalam W. Swasty, A-Z Warna Interior Rumah Tinggal . Griya Kreasi.

Swedia, E. R., & Cahyanti, M. (2010, Juli). Algoritma Transformasi Ruang Warna. Dipetik Juni 6, 2017, dari Gunadarma University: http://margi.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2617/Pengolahan+Citra+-+Algoritma+Transformasi+Ruang+Warna.pdf




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v5i1.2740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License