ANALISIS FAKTOR PEMILIHAN PROGRAM STUDI UNTUK MERAIH KEUNGGULAN BERSAING

Maxsi Ary

Sari



Abstract - The purpose of this research was to determine the factors that influence the decision to enroll new students in AMIK BSI Bandung. The student's decision can be a reference college to create a competitive advantage and to identify and analyze the factors that influence students to choose a college. The research was using purposive sampling method. Factors that influence the student's decision in determining the Department of Information Management AMIK BSI Bandung is the first factor with 49 301% variance. Variables were highest for the Academic Reputation of 77.3%. Another variable that support this factor was 74.4% Availability of Financial Aid, Academic Program availability of 73.1%, Social Atmosphere and Geographic Locations by 70.6% and 61.6%, ending with student population amounted to 50.3%. The second factor with a percentage of 81.4% namely Size College, has eigenvalue of 1436 and was able to explain the variance of 20 519%.

 Keywords: Factor Analysis, Competitive Advantage.

 Abstrak - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa baru dalam mendaftar di AMIK BSI Bandung. Keputusan mahasiswa ini dapat menjadi referensi perguruan tinggi untuk menciptakan keunggulan bersaing dan untuk mengetahui serta menganalisis faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam menentukan jurusan Manajemen Informatika AMIK BSI Bandung adalah faktor pertama dengan varians 49.301%. Variabel yang tertinggi adalah Reputasi Akademik sebesar 77.3%. Variabel lain yang mendukung faktor ini adalah Ketersediaan Bantuan Keuangan 74.4%, Ketersediaan Program Akademik sebesar 73.1%, Suasana Sosial dan Lokasi Geografis sebesar 70.6% dan 61.6%, diakhiri dengan Populasi Mahasiswa sebesar 50.3%. Faktor kedua dengan persentase sebesar 81.4% yaitu Ukuran Perguruan Tinggi, memiliki nilai eigenvalue sebesar 1.436 dan mampu menjelaskan varians sebesar 20.519%.

 Kata Kunci: Analisis Faktor, Keunggulan Bersaing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ary, M. (2014). Identifikasi Perilaku Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Analisis Faktor. Paradigma Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika, 35-45.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. B. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Iranita. (2012). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji Dalam Menciptakan Keunggulan Kompetitif (Competitif Advantage). JEMI, 77-88.

Kotler, P. (2003). Marketing Management, Eleventh Edition. New Jersey: Prentice Hall International.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Philip, K., & Amstrong, G. (2000). Principles of Marketing, Ninth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Steven, S. (1946). On The Theory of Scales of Measurement. Science, 103.

Sukandi, P. (2010). Hubungan Antara Fasilitas Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Menghadapi Daya Saing Jasa Pendidikan (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama). The 4th PPM National Confrence on Management Research. Jakarta.

Syamsuddinnor. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kuliah Mahasiswa Strata 1 (S1) Pada STIMI Banjarmasin. Socioscientia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 323-328.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (2003). Service Marketing : Integrating Customer Focus Across The Firm, Third Edition. New York: McGraw Hill.




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v3i1.264



 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat