Sistem Pengelolaan Gangguan Layanan TI Menggunakan Trouble Ticket Di PT. Trindo Pratama

Rangga Sanjaya, Siti Sondari

Sari


Abstrak

Seiring dengan semakin besarnya peranan Departemen Teknologi Informasi (TI) dalam mendukung kelancaran proses bisnis perusahaan, disertai dengan meningkatnya permintaan pemecahan gangguan layanan TI. Meningkatnya permintaan layanan terhadap pemecahan gangguan TI mengakibatkan pekerjaan Departemen TI yang menumpuk. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pengelolaan agar semua permintaan dari user dapat dilayani dan terdokumentasi dengan baik. Trouble ticket berbasis website merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pengelolaan gangguan layanan. Trouble ticket merupakan formulir laporan terhadap gangguan layanan TI untuk dilakukan tindakan respon terhadap gangguan. Implementasi dari sistem informasi pengelolaan gangguan layanan TI menggunakan trouble ticket dengan teknologi berbasis website, memungkinkan proses pelaporan dan pemantauan status laporan gangguan dapat dilakukan diberbagai perangkat TI. Sistem informasi pengelolaan gangguan layanan TI menggunakan trouble ticket dapat meningkatkan pelayanan kepada user, disamping itu merupakan dokumentasi yang baik bagi Departemen Teknologi Informasi.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Trouble Ticket, Manajemen, Pengelolaan Gangguan Layanan, Web

 

Abstract

Along with the growing role of the Department of Information Technology (IT) in supporting the company's business processes, accompanied by increased demand for solving IT service disruption. Increased demand for services towards solving IT disruption resulted in piling work of IT Department. Therefore we need a system of management that all requests from the user can be served and well-documented. Web-based trouble ticket is one of the ways that can be used to overcome the problem of the management of the service interruption. Trouble ticket is a report form to disruption of IT services to be taken in response to disturbances. Implementation of information system management of IT service disruption using a trouble ticket with web-based technology allows the reporting process and monitoring the status report can be done in various disorders of IT devices. Management information system IT service disruption using a trouble ticket can improve services to users, beside is a good documentation for the Information Technology Department.

 

Keywords: Information System, Trouble Ticket, Management, Service Interruption, Web


Kata Kunci


Information System, Trouble Ticket, Management, Service Interruption, Web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, Endah, & Wahyu Purnomo. (2013). Pemrograman Web. Malang :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Daqiqil, Ibnu. (2011). Framework Codeigniter. Diambil dari: http://www.koder.web.id (12 Juni 2015)

Dwiartara, Loka. (2010). Menyelam Dan Menaklukan Samudra PHP. Diambil dari: http://www.ilmuwebsite.com (18 April 2015)

Fowler, Martin. (2005). UML Distiled Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Kusuma, Anggi Binggar dan Lies Yulianto. (2014). Pembuatan Website Monitoring Keluhan Pelanggan Pada PT. Telkom Unit Layanan Ngadirojo. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 3 No 4 - 2014, ISSN: 2302-5700

Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (2011). Kebijakan Dan Standar Manajemen Layanan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Area Service Support Di Lingkungan Kementrian Keuangan. Diambil dari: http://www.setjen.kemenkeu.go.id/sites/default/files/download/pusintek/KMKNo414-2011.pdf (07 April 2015)

Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML. .Yogyakarta : Graha Ilmu.

Munif, Abdul. (2013). Basis Data. Malang : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Proboyekti, Umi. (2008). Software Process Model I. Diambil dari: http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/softwareprocess.pdf (21 April 2015).

Rahardja Untung, Nur Azizah dan Santika Dewi. (2013). Sistem Pelayanan Dukungan Role Online System Ticketing Raharja (ROOSTER) Dengan Menggunakan E-Ticket. Tanggerang: Vol.7 No.1 - September 2013, ISSN: 1978 – 8282.

Setiawan, Ahmad Budi. (2013). Perencanaan Strategis Pembentukan Pusat Respon Insiden Keamanan Informasi Pemerintah. Jakarta: IPTEK-KOM, Vol. 15 No. 1 Juni 2013: 27-45, ISSN 1410 – 3346.

Solichin, Achmad. (2013). Pemrograman Web Dengan PHP dan MySQL. Diambil dari: http://achmatim.net (18 April 2015).

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Widodo, Prabowo Pudjo, dan Herlawati. (2005). Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31311/ji.v4i1.1596

##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI
Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat