Aplikasi Tes IQ Berbasis Android

Vadlya Maarif, Andrian Eko Widodo - STMIK Nusa Mandiri, Dwi Yuli WibowO - AMIK BSI Purwokerto

Abstract


Abstract - IQ Test (Intellegence Quotient) is a systematic way to measure a person's intelligence level by providing questions and problems that have been arranged in such a way. In performing an IQ test it is usually done using a paper such as a test in general, so the problem can only be seen in a certain place and with adequate illumination, this is the weakness of the test done manually, so this application is made to solve the problem. IQ test based on Android is run offline so that it can be used anywhere without connected internet. This application can be used as a valuable practice for people who have to take IQ tests later on and make it easier for people to independently assess their abilities in a computerized system. This application is made by doing research with observation and practice directly with supported data taken from a book. This IQ test app can only run on Android-based smart phones. Applications are created using the B4A application program with SQLite as its database and are designed with a user-friendly look.

Keywords: Application, IQ Test, Intelligence

 

Abstrak - Tes IQ (Intellegence Quotient) adalah cara sistematis untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang dengan memberikan pertanyaan dan masalah yang telah diatur sedemikian rupa. Dalam melakukan tes IQ biasanya dilakukan dengan menggunakan kertas seperti tes pada umumnya, sehingga masalah hanya bisa dilihat di tempat tertentu dan dengan iluminasi yang cukup, inilah kelemahan pengujian yang dilakukan secara manual, sehingga aplikasi ini dibuat. untuk memecahkan masalah. Tes IQ berbasis Android ini berjalan offline sehingga bisa digunakan dimana saja tanpa terhubung internet. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai praktik yang berharga bagi orang yang harus mengikuti tes IQ di kemudian hari dan mempermudah orang untuk menilai kemampuan mereka secara mandiri dalam sistem komputerisasi. Aplikasi ini dibuat dengan melakukan penelitian dengan observasi dan latihan secara langsung dengan didukung data yang diambil dari sebuah buku. Aplikasi tes IQ ini hanya bisa berjalan di ponsel pintar berbasis Android. Aplikasi dibuat menggunakan program aplikasi B4A dengan SQLite sebagai database dan dirancang dengan tampilan yang user-friendly.

Kata kunci: Aplikasi, Tes IQ, Intelijen


Full Text:

PDF

References


Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis Perancangan dan Sitem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: ANDI.

Anywhere Software. 2011. Beginner Guide. Diambil dari: https://www.b4x.com/android/files/guide.zip (21 Juni 2017)

Haryanto, Edy. 2012. Sitem Operasi Konsep dan Teori. Yogyakarta: ANDI.

Hendrayudi. 2009. Pengertian Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Junindar. 2017. Xamarin Android: Mudah Membangun Aplikasi Mobile. Diambil dari: https://books.google.co.id/books?id=G4tFDgAAQBAJ&pg=PA104&dq=SQLite+adalah+salah+satu+database+yang+bersifat+open+source&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwil65Hm1LLVAhWIpo8KHVFSDFMQ6AEIJTAA#v=onepage&q=SQLite%20adalah%20salah%20satu%20database%20yang%20bersifat%20open%20source&f=false (31 Juli 2017)

Kristanto, Andri. 2009. Algortitma dan Pemrograman dengan C++ Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Salbino, Sherief. 2014. Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.

Seagrave, Wyken. 2015. Rapid Android App Development using Basic. Coventry: Penny Press Ltd.

Suprapto dkk. 2008. Bahasa Pemrograman untuk SMK. Diambil dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Drs.%20Totok%20Sukardiyono,%20M.T./Buku%20Bahasa%20Pemrograman%20Lengkap.pdf (21 Juni 2017)

Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutisna, Dadan. 2008. 7 Langkah Mudah Menjadi Web Server. Tangerang: Media Kita

Tim Smart Solution. 2015. Hitung Sendiri IQ Anda. Yogyakarta: B first.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v3i2.2820



 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License