Kajian Customer Information System: Studi Kasus Pada PT. Indonesia Super Holiday

Sri Utami - AMIK BSI Bekasi

Abstract


Abstrak - Salah satu aspek penting dalam dunia perjalanan adalah memberikan informasi mengenai pengalaman-pengalaman unik yang menyenangkan melalui layanan inovatif dan prima, yang didukung dengan data yang dapat dipercaya dan dapat diakses secara langsung. Oleh karena itu banyak biro perjalanan yang mulai sadar akan pemakaian penggunaan teknologi komputer dalam menjalankan aktivitas organisasi, termasuk juga PT. Indonesia Super Holiday sebagai salah satu biro perjalanan.

PT. Inonesia Super Holiday menjadikannya teknologi komputer sebagai salah satu faktor yang penting dalam kegiatan mengeksploitasi pengetahuan tentang tempat wisata dunia, administrasi, dan pelayanan kepada stakeholder dalam hal ini adalah pelanggan. Oleh karena itu sebagai wujud tanggung jawab atas kepuasan stakeholdernya maka PT. Indonesia Super Holiday menerapkan suatu sistem informasi yang diberi nama Customer Information Services (CIS) sebagai salah satu modelnya. Dengan adanya CIS di PT. Indonesia Super Holiday diharapkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap sistem pelayanan yang ada terus bagus dan tercipta ketidakbergantungan terhadap layanan pelanggan pribadi yang terselubung dengan berbagi pengetahuan yang ada pada CIS dan implementasi Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT).

Kata Kunci: Layanan Informasi Pelanggan dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology.

 

Abstrak  –  Salah satu aspek penting dalam dunia perjalanan adalah memberikan informasi mengenai pengalaman-pengalaman unik yang menyenangkan melalui layanan inovatif dan prima, yang didukung dengan data yang dapat dipercaya dan dapat diakses secara langsung. Oleh karena itu banyak biro perjalanan yang mulai menyadari akan pentingnya penggunaan teknologi komputer dalam menjalankan aktivitas organisasi, termasuk juga PT. Indonesia Super Holiday sebagai salah satu biro perjalanan.

PT. Inonesia Super Holiday menjadikannya teknologi komputer sebagai salah satu faktor yang penting dalam kegiatan mengeksploitasi pengetahuan tentang tempat wisata dunia, administrasi, serta pelayanan kepada stakeholder dalam hal ini adalah customer. Oleh karenanya sebagai wujud tanggung jawab atas kepuasan stakeholdernya maka PT. Indonesia Super Holiday mengimplementasikan suatu sistem informasi yang diberi nama Customer Information Services (CIS) sebagai salah satu modelnya. Dengan adanya CIS di PT. Indonesia Super Holiday diharapkan tingkat kepuasan customer terhadap sistem pelayanan yang ada semakin bagus dan tercipta ketidakbergantungan kepada personal customer service melainkan bergantung kepada knowledge sharing yang ada pada CIS dan penerapan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT).

Kata Kunci: Customer Information Services  dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology.


Full Text:

PDF

References


Ferdinand, A. (2005). Stuctural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Diponegoro, Edisi ketiga.

Ghodue, D.L. & Thompson, R.L., “Task Technology Fit and Individual Performance”, MIS Quarterly, 19.

Sedana, I Gusti Nyoma & St. Wisnu Wijaya, (2010). “UTAUT Model for Understanding Learning Management System”, Internetworking Indonesia Journal, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Vol.2/No.2.






Copyright Universitas Bina Sarana Informatika - ISSN : 2461-0690