Metode Pengembangan Perangkat Lunak Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Learning

Ricki Sastra - AMIK BSI Pontianak

Abstract


ABSTRACT - In the development of better technology, especially the use of Internet network to make the education system must be able to follow these developments in order to create a better education system in this case need to be developed its software learning that can make learning activities become more interactive without constrained place and time because the process learning through elearning application that uses internet network in website view. in development and design of this application using waterfall research method, in waterfall method of software development through several stages that is analysis, designing, coding, implementation and also test. To help design the researchers also use erd, lrs in elearning application database design. Waterfall method used will result in the application of E-learning is very appropriate in improving the development of medar pemajaraan.

Keywords: E-learning, waterfall

 

ABSTRAK - Dalam perkembangan teknologi yang semakin baik khususnya penggunaan jaringan internet membuat sistem pendidikan harus mampu mengikuti perkembangan tersebut agar terciptanya sistem pendidikan yang semakin baik dalam hal ini perlu dikembangkan nya software pembelajaraan yang mampu membuat kegiatan belajar menjadi lebih interaktif tanpa terkendala tempat maupun waktu karena proses pembelajaran melalui aplikasi elearning yang menggunakan jaringan internet dalam tampilan website.dalam pengembangan dan perancangan aplikasi ini menggunakan metode penelitian waterfall,dalam metode waterfall pengembangan perangkat lunak melalui beberapa tahap yaitu analisa,perancangan,pengkodean,implementasi dan juga uji. Untuk membantu percancangan peneliti juga menggunakan erd,lrs dalam perancangan database aplikasi elearning.Metode waterfall yang digunakan akan menghasilkan aplikasi E-learning yang sangat tepat dalam meningkatkan perkembangan medote pembelajaraan.

Kata Kunci: E-learning, waterfall


Full Text:

PDF

References


Arief, M. Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP Dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Binanto, Iwan 2010. Multimedia Digital Dasar Teori Dan Pengembangan. Ygyakarta: Andi Offset.

Fathansyah. 2012. Basis Data Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

Friyadie. 2007. Pemrograman Database Menggunakan Foxpro 9.0. Jakarta: Andi Offset.

Hidayatullah, Priyanto, Dan Jauhari Khairul Kawistara. 2014. Pemrograman Web: Informatika.

Kurniawan, Dedik dan Java Creativity. 2010. Website Pencetak Uang. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

MADCOMS. 2008. Aplikasi Web Database menggunakan Adobe Dreamweaver CS3 dan Pemrograman PHP + MySQL. Yogyakarta: Andi.

Pardosi, Mico. 2007. Internet Windows Vista Dan Mandriva. Surabaya: Dua Selaras.

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Shalahuddin, M., Dan Rosa Ariani Sukamto. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v3i1.2606



 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License