Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek

Muhammad Rezki, Linda Sukmawati, Elbiansyah Elbiansyah, Dwiza Riyana

Sari


Abstrak

Masyarakat  kini dihadapkan pada beberapa pilihan ojek online dengan penawaran yang menarik dalam mendukung aktivitasnya. Persaingan ojek online yang semakin marak menyebabkan kualitas pelayanan terbaik menjadi salah satu faktor pembentuk loyalitas. Pelanggan grab yang menilai kualitas pelayanan Grab memuaskan memiliki kualitas lebih tinggi.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan  ojek online Grab. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif non-eksperimental, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling berjenis insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 pengguna Grab yang beraktifitas di Pontianak. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa variabel kualitas layanan (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y) jasa transportasi ojek online Grab di Pontianak. Variabel harga (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y) jasa transportasi ojek online Grab di Pontianak. Dan variabel harga (X2) memiliki pengaruh yang lebih dominan. 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, harga, pengguna grab

 

Abstract

The community is now faced with a number of online motorcycle taxi options with attractive offers to support their activities. The increasingly widespread competition of online motorcycle taxi causes the best service quality to be one of the factors forming loyalty. Grab customers who value the quality of grab service satisfactorily have higher quality. This study aims to see the effect of service quality on satisfaction of online Grab motorcycle taxi customers. The design of this study is quantitative non-experimental, with non-probability sampling techniques of incidental sampling type. The sample in this study were 100 Grab users who were active in Pontianak. From the results of the research that has been done, it can be seen that the service quality variable (X1) has a partially significant influence on the dependent variable namely customer satisfaction (Y) online Grab motorcycle transportation services in Pontianak. The price variable (X2) has a partially significant influence on the dependent variable namely customer satisfaction (Y) online Grab motorcycle transportation services in Pontianak. And the price variable (X2) has a more dominant influence. 

Keywords: service quality, price, grab users


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arviantama, A., Hasiholan, L. B., Purwana, E. G., & Darsin. (2017). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA UNTUK KEPUASAN PELANGGAN AGAR TERCIPTA LOYALITAS PELANGGAN.

Dennisa, E. A., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Layanan , dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening ( Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang ), 5, 1–13.

Elvina, M. (2016). Sikap Masyarakat Jakarta Pengguna Aplikasi Grab Terhadap Brand Baru Grab.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, Vol 4, No.

Kurniawan, D. E. A., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). PENGARUH INTERNATIONAL BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA MINAT PENGGUNAAN ULANG ( Survei pada Konsumen Layanan GrabCar di Kota Malang ), 65(1), 9–16.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan, 5(1), 15–24.

Mar’ati, N. C., & Sudarwanto, T. (2016). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA KONSUMEN GOJEK DI SURABAYA), 1–12.

Rasyid, H. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek, 1(2).

Sunardi, A. T. P., & Suprianto, E. (2015). PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PADA PROSES PRODUKSI RIB A320 DI SHEET METAL, 5(2).

Wahyuni, S., & Amboningtyas, D. (2017). STUDI KUALITATIF PERILAKU PENGGUNA JASA PPOB KORSIS E- PAYMENT.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v4i1.5020

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License