Penerapan Model Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Toko Kado

Apriyanto Apriyanto, Fatimah Amalia Salwa

Sari


Abstrak

Saat ini bisnis yang menjadi trend baru di masyarakat adalah dalam bidang belanja online. Dengan melihat peluang bisnis yang sangat bagus ini, dilakukanlah studi kasus dengan cara observasi pada sebuah toko yang menjual berbagai macam kado dengan bentuk yang unik dan beragam dengan alasan karena kado adalah pelengkap di setiap momen momen yang berharga. Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model waterfall, perancangan database menggunakan metode ERD dan LRS. Berdasarkan hasil perancangan sistem penjualan kado berbasis web ini, dibuat suatu kesimpulan bahwa website toko kado online ini merupakan media yang tepat dalam menyediakan informasi dan melakukan penjualan produk kepada pelanggan, memudahkan pengunjung dan member dalam mendapatkan informasi yang up to date melalui internet mengenai produk tanpa harus datang ke toko, dan memudahkan member dalam melakukan pemesanan maupun pembelian, sehingga member lebih nyaman tanpa harus kehilangan banyak waktu dan biaya yang lebih besar. Diharapkan dengan adanya website ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengolahan data, dan dengan adanya website toko kado online ini konsumen dapat mengaksesnya kapan saja, dimana saja tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Kata Kunci: bisnis online, ERD, LRS, perancangan sistem, waterfall

 

Abstract

Currently the business that is becoming a new trend in the community is in the field of online shopping. By looking at this excellent business opportunity, a case study was carried out by observing a store’s that sells various kinds of gifts with unique and varied shapes for reasons because gifts are complementary to every moment of a precious moment. The method used in the development of this software uses the waterfall model, database design using ERD and LRS methods. Based on the results of the design of this web-based gift sales system, a conclusion was made that this online gift shop website is the right medium in providing information and selling products to customers, making it easier for visitors and members to get up-to-date information through the internet about products without having to come to the store, and make it easier for members to make orders or purchases, so that members are more comfortable without losing a lot of time and greater costs. It is expected that this website can improve the effectiveness and efficiency in data processing, and with this online gift shop website consumers can access it anytime, anywhere without any limitations in space and time.

Keywords: ERD, online business, LRS, system design, waterfall

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aulianita, R., Herlawan, & Santoso, B. (2013). Sistem Informasi Penjualana Batik Berbasis Web Pada Toko Kafaya Batik Bekasi. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, IX(1), 69–78.

Awan Sagita, R., & Hari, S. (2016). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web. Ijns.Org Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4), 2302–5700. Retrieved from http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/viewFile/1440/1420

Firmansyah, Y. dan udi. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya , Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 4(1), 185–191.

Hasan, N. (2014). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN KURSUS KOMPUTER BERBASIS WEB PADA LPK PRIMA SEMARANG.

Lavarino, Dio, Yustanti, W. (2016). RANCANG BANGUN E – VOTING BERBASIS WEBSITE DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA, 6, 72–81.

Saifudin, & Maharani, K. M. D. (2017). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Shuttle Berbasis Web Pada PO . Sumber Alam Purwokerto. Journal on Networking and Security - Volume 7 No 3 – 2017, 7(3), 8–14. https://doi.org/2302-5700




Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 
Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Diterbitkan oleh LPPM AMIK BSI Tasikmalaya bekerja sama dengan Asosiasi Profesi Multi Media Indonesia