Sistem Aplikasi Peminjaman Dokumen Customer Berbasis Web Pada PT. Lippo Karawaci, Tbk

Faridi Faridi, Maryanah Safitri, Pradiko Roliwinsyah Matusin

Sari


Abstrak

PT. Lippo Karawaci, Tbk. bergerak diberbagai bidang, salah satunya bidang property. Proses peminjaman dan pengembalian dokumen customer masih bersifat manual, tingginya intensitas peminjaman dokumen customer, serta terdapat peminjam yang tidak bersedia menandatangani log book peminjam menyebabkan resiko kehilangan dokumen juga lebih tinggi, selain itu data peminjaman hanya ditulis dalam satu buku sehingga memungkinkan data peminjaman tidak tercatat, terjadinya kerusakan berkas, serta pencarian dokumen sangat sulit. Untuk itu, diperlukan sebuah aplikasi berbasis web  yang dapat membantu mengatur proses mulai dari  peminjaman sampai dengan pengembalian dokumen customer. Perancangan sitem aplikasi berbasis web ini menggunakan prototype model dan Unified Modeling Language dengan pengujian menggunakan Blackbox Testing, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka serta wawancara, serta menggunakan SWOT sebagai metode analisa. Dengan  sistem aplikasi berbasis web  ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses peminjaman dan pengembalian dokumen customer.

Kata Kunci: sistem aplikasi, peminjaman dokumen, web

 

Abstract

PT. Lippo Karawaci, Tbk. moving in various fields, one of them is the property sector. Customer document borrowing and returning is still manual, the high intensity of borrowing customer documents and there are borrowers who do not want to sign the borrower's log book causes the risk of losing documents too, other than that the borrowing data is only written in one book so that the borrower's data is not recorded, damage, and document search is very difficult, For this reason, a application system is needed that can help regulate the process from borrowing to returning documents. Aplication System design uses prototype models and Unified Modeling Language by testing using Blackbox Testing, data collection techniques using observation, literature study and interview and using SWOT as an analytical method. With the design of this system, it is expected to overcome the problems that occur in the process of borrowing and returning customer documents

Keywords: application system, borrowing documents, web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A S, R., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Faridi, Safitri, M., & Roliwinsyah Matusin, P. (2018). Laporan Penelitian Dosen Yayasan.

Jumiyati, E. (2009). Pengelolaan arsip di pusat teknologi bahan bakar nuklir, 55–62.

Maringka, R. V. (2016). Perancangan Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Menggunakan VB.Net di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung. Politeknik Piksi Ganesha Bandung. Retrieved from http://e-jurnal.piksi-ganesha-online.ac.id/skripsi/PERANCANGAN SISTEM INFORMASI_RAISSA V MARINGKA_12403120.pdf

Rijayana, I. (2013). Sistem Aplikasi Peminjaman Fasilitas Universitas Widyatama, 839–844. Retrieved from http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2169




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v3i2.4662

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License