Fuzzy Multi Atribute Decision Making Dengan Metode Simple Additive Weighted Untuk Penilaian Siswa Terbaik di TK Harapan Mulia Bekasi

Miwan Kurniawan Hidayat, Silvia Natalia

Sari


Abstrak
Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, maka sekolah-sekolah yang ada harus lebih meningkatkan kualitas baik dalam bidang kurikulum pendidikan maupun sarana dan prasarana yang ada di sekolah. TK Harapan Mulia selalu terus berupaya meningkatkan kualitas, namun dalam penilaian siswa TK Harapan Mulia masih berdasarkan perkiraan dari guru kelas sehingga masih membingungkan saat penentuan siswa terbaik. Penilaian pada TK Harapan Mulia memiliki sembilan kriteria yaitu yaitu Kemampuan Linguistik, Logika Matematika, Visual Spasial, Musik, Body Kinestetik, Naturalis, Interpersonal, Intrapersonal dan Spiritual. Penilaian siswa taman kanak-kanak berdasarkan kriteria tersebut memiliki pembobotan tersendiri dalam mempengaruhi perangkingan siswa. Berdasarkan hal itu diperlukan sistem pendukung keputusan untuk proses pemilihan siswa terbaik tersebut. Sistem pendukung keputusan ini, dapat menentukan nilai perhitungan terhadap semua kriteria. Sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini merupakan suatu metode yang mencari penjumlahan terbobot. Hasil yang didapatkan adalah perubahan peringkat nilai yang dihitung dari penjumlahan rapot biasa dengan penjumlahan dengan metode SAW. Selain itu membuktikan bahwa sikap siswa ada keterkaitan dengan peringkat yang akan didapat oleh siswa.
Kata Kunci: penilaian, perangkingan, simple additive weighting.

Abstract
In order to improve the quality of education, the existing schools should further improve the quality of both in the field of educational curriculum and facilities that exist in schools. Kindergarten Harapan Mulia always keep improving the quality, but in the age of Harapan Mulia kindergarten students are still based on the results of the best class teachers today. Assessment on Kindergarten Harapan Mulia has nine criteria: Linguistic Ability, Mathematical Logic, Visual Spatial, Music, Kinesthetic Body, Naturalist, Interpersonal, Intrapersonal and Spiritual. The assessment of kindergarten students based on these criteria has its own weighting in influencing the ranking of students. Therefore it is necessary to support the system for the best process. The results support system, can determine the value for all criteria. This system uses Simple Additive Weighting (SAW) method. This method is a method that seeks weighted sums. The results given rank were calculated from the usual sums of plotters by addition by the SAW method. Besides proving that the attitude of students is related to the rank to be obtained by students.
Keywords: simple additive weighting, system assessment, the ranking

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariestian, R., Mulyono, H. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Emas Pada Pt. Pegadaian Cabang Mall Kapuk Jambi. Manajemen Sistem Informasi, 11-17.

Hamdi, Saepul, A., Baharuddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Harianti, Asri, Sienly, V., Nur, Setiawan, S., Iskandar, D. (2012). Statistika II. Yogyakarta: Andi.

Nofriansyah, Dicky. 2014. Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Muhammad, M., Safriadi, N., Prihartini, N., (2017). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Prioritas Perbaikan Jalan. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi. 157-162.

Yahya, A., Yudihartanti, Y. (2017). Sistem Penilaian dan Perankingan Karyawan pada Radar Banjarmasin dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 1383-1392.




P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika PSDKU Kota Tasikmalaya

Jl. Tanuwijaya No.4, Empangsari, Kec. Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46113, Telp : (0265) 323846
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License