Solusi Optimum Minmax 0/1 Knapsack Menggunakan Algoritma Greedy

Raja Sabaruddin

Abstract


Abstract - Knapsack is a container used for storing objects of the same size or less in some capacity . The problem that often arises when searching for the optimal choice of the object to be inserted into a container with limited capacity . At the loading of goods using container for example , loading the object or goods to be delivered must minimize the total weight or volume capacity without exceeding the maximum limit . This analysis mengggunakan 0-1 knapsack , which is the object taken entirely or not taken . This research aims to develop a greedy algorithm to solve knapsack minmax 0/1 . Pointing to research results that the solution of 0/1 knapsack minmax using greedy algorithm can be used to produce the optimal solution of the problem of loading the container so that the minimum and maximum capacity constraints are met .
Keywords: Knapsack 0/1, Greedy Algorithms, Containers


Abstrak - Knapsack adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan benda-benda dengan ukuran yang sama atau kurang dalam beberapa kapasitas. Masalah yang sering timbul ketika mencari pilihan yang optimal dari objek yang akan dimasukkan ke dalam wadah dengan kapasitas terbatas. Pada pemuatan barang menggunakan kontainer misalnya, memuat objek atau barang yang akan dikirim harus meminimalkan total berat atau volume kapasitas tanpa melebihi batas maksimum. Analisis ini mengggunakan 0-1 ransel, yang merupakan objek diambil seluruhnya atau tidak diambil. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan algoritma serakah untuk memecahkan ransel minmax 0/1. Menunjuk ke hasil penelitian bahwa solusi dari 0/1 ransel minmax menggunakan algoritma greedy dapat digunakan untuk menghasilkan solusi yang optimal dari masalah loading wadah sehingga minimum dan kapasitas maksimum kendala terpenuhi.
Kata Kunci: Knapsack 0/1, Algoritma Greedy, Kontainer.

Full Text:

PDF

References


Ding-Zhu du. 2000. Theory Of Comulation Complexity. John Wiley & Son.

Joni, made, dan Budi Raharjo. 2011. Pemrograman C dan Implementasinya. Bandung: Informatika.

Kesuma, Dharma, Albhikautsar. 2014. Penerapan Algoritma Greedy untuk Menentukan Penjadwalan Kelas Gedung Labtek V. Bandung.

Munir, Rinaldi. 2007. Algoritma dan Pemrograman dalam bahasa Pascal dan C. Bandung: Informatika bandung.

Paryati. 2009. Optimasi Strategi Algoritma Greedy untuk Menyelesaikan Permasalahan Knapsack 0-1. Seminar Nasional Informatika (semnasIF 2009) ISSN:1979-2328.

Samidjan. 1991. Pengertian dan Penggunaan Peti Kemas (Kontainer). Diambil dari https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=470&id=107350&lok=1 (pada tangggal 22 januari 2016).

Suarga. 2012. Algoritma dan pemrograman. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyu Eko Susanto, Pendekatan Keamanan Serta Kecepatan Akses Data Pada Cloud Dengan Algoritma Huffman Dan Aes, Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Bianglala Informatika 2014

Saifudin, Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Prediksi Penyewa Sepeda, Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Evolusi 2015

Pudji Widodo, Rule-Based Classifier Untuk Mendeteksi Penyakit Liver, Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Bianglala Informatika 2014

Sardiarinto, Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Peminjaman Kredit Nasabah Koperasi Berbasis Android, Vol 1, No 1 (2013): Bianglala Informatika 2013

Muhammad Multazam, Bambang Eka Purnama, Influence Of Classified Ad On Google Page Rank And Number Of Visitors, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol. 81. No. 2 – 2015

Karya Gunawan, Bambang Eka Purnama (2015), Implementation of Location Base Service on Tourism Places in West Nusa Tenggara by using Smartphone, (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol. 6, No. 8, 2015




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v4i2.703

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Kampus Kabupaten Banyumas

Jalan HR. Bunyamin 106, Pabuaran, Kec. Purwokerto Utara,
Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124, Telp. (0281) 642848
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License