Model Keberhasilan Belajar Mahasiswa Menggunakan Learning Management System (Studi Kasus Mahasiswa Bina Sarana Informatika)

Nani Agustina

Abstract


Abstrak - Development of Information Technology (IT) makes teaching and learning needs of the use of IT could not be avoided. One part of the use of the E-Learning is supported by a Learning Management System (LMS). Learning Management System (LMS) is part of E-Learning and expected to help improve student learning success. The purpose of this research is to analyze and explain the influence of Model Success Learning to use Learning Management System which is measured by using the variables of Success Model of Information Systems DeLone & McLean (2003) consists of Quality Systems, Information Quality, Service Quality, Use of LMS, Student Satisfaction and Student performance. This research method using descriptive and explanatory research with quantitative approach. The research instrument is a questionnaire pattern. The samples used were 120 respondents. The Conclusion from the analysis and processing of the data of this study found that the variable quality of the system, and service quality have a significant effect on the variable use of LMS and student satisfaction, variable use of LMS and satisfaction Students also have a significant effect on the performance of students, and variable use of LMS significant effect on student satisfaction , And significant results were also found between the variable quality of information on the use of LMS and student satisfaction.
Keywords: Quality Systems, Information Quality, Service Quality, Use of LMS, student satisfaction, student performance.


Abstrak - Perkembangan Teknologi Informasi (TI) membuat kebutuhan belajar mengajar menggunakan TI tidak dapat dihindari. Salah satu bagian pemanfaatan dengan E-Learning didukung oleh Learning Management System (LMS). Learning Management System (LMS) merupakan bagian dari E-Learning dan diharapkan dapat membantu meningkatkan keberhasilan belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh dari Model Keberhasilan Belajar menggunakan Learning Management System yang diukur mengunakan variabel-variabel dari Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean (2003) terdiri dari Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Penggunaan LMS, Kepuasan Mahasiswa, dan Kinerja Mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Kesimpulan dari hasil analisa dan pengolahan data penelitian ini ditemukan bahwa variabel kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel penggunaan LMS dan kepuasan mahasiswa, variabel penggunaan LMS dan kepuasan Mahasiswa juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja mahasiswa, dan variabel penggunaan LMS berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dan hasil signifikan juga ditemukan antara variabel kualitas informasi terhadap penggunaan LMS dan kepuasan mahasiswa.
Kata Kunci: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Penggunaan LMS, Kepuasan Mahasiswa, Kinerja Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Alfan, Zahirul, Endang Siti Astuti, Riyadi. 2014. Model Keberhasilan Belajar Mahasiswa Menggunakan Learning Management System (Studi pada Mahasiswa S1 Program Teknologi Informasi da Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Angkatan 2012). Malang: Jurnal Administrasi Bisnis Volume 14, No.2 September 2014: 1-10.

Beladin, Muhammad Igor dan Bambang Munas Dwiyanto. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha Dari Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Diponegoro Journal of Management Vol. 2 Nomor 2, 2013:1-10.

Ghozali, Imam. 2008. Konsep & Aplikasi dengan program AMOS 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jogiyanto , HM. 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kosasi, Sandy. 2015. Perancangan E-Learning untuk meningkatkan motivasi belajar guru dan siswa. ISSN 2087-2658. Singaraja-Bali: Proceding Seminar Nasisonal Pendidikan Teknologi Informatika (SENAPATI 2015). 12 September 2015

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabet

Susanti, Erma, Muhammad Sholeh. 2008. Rancang Bangun Aplikasi E-Learning. Yogyakarta: Jurnal Teknologi Volume 1, No.1 2014: 53-57.

Setiyo W, Anang L. 2013. Perancangan E-Learning dengan Menggunakan Learning Management System (LMS). ISSN 0854-1981. Madiun.Widya Warta No.02 Tahun XXV II/Juli 2013 : 332-341

Yusnia Budiarti, Penerapan Knowledge Management System pada E-Learning dengan Metode COLLES Untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Vol 1, No 1 (2015): IJSE 2015

Supriyanta, Pengembangan E-Learning Sebagai Pelengkap Pembelajaran Tatap Muka Pada Program Diploma Tiga Amik Bsi Yogyakarta. Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Bianglala Informatika 2013

Atun Yulianto, Kinerja Pengembangan Dan Pelayanan Candi Ratu Boko Dalam Mendukung Kesempatan Usaha Masyarakat Setempat. Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016

Muhammad Multazam, Bambang Eka Purnama. Influence Of Classified Ad On Google Page Rank And Number Of Visitors. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol. 81. No. 2 – 2015

Karya Gunawan, Bambang Eka Purnama (2015), Implementation of Location Base Service on Tourism Places in West Nusa Tenggara by using Smartphone, (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol. 6, No. 8, 2015

Zaeniah, Bambang Eka Purnama (2015), An Analysis of Encryption and Decryption Application by using One Time Pad Algorithm, (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol. 6, No. 9, 2015




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v4i2.700

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License