Rancang Bangun Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Dengan Layanan Intranet Menggunakan Metode Waterfall

Mulia Rahmayu

Abstract


Abstract - Internet is one of technology that can process the information quickly, accurately and can reach all around the world. Information displayed in attractive, dynamic, and interactive from through the World Wide Web that usually referred to the homepage or website. Author are interested in creating a dynamic website that connected to databases that created using MySQL. This website is created using Adobe Dreamweaver CS3 coupled with PHP. Given this website, clinic can interact and share all information contained in the arroud hospital, with the aim to help hospital improve the quality of the hospital service. The website can be accessed anytime and anywhere wit theresult thet the boundaries of teme and distance would not ber a problem anymore for customers to understand about the information and hospital service. This website will dynamically present information that is always up to date.
Keywords: Information System Designing, hospital service.


Abstrak - Internet merupakan salah satu teknologi yang dapat mengolah informasi dengan cepat, akurat dan dapat menjangkau seluruh belahan dunia. Informasi ditampilkan dalam bentuk yang menarik, dinamis, dan interaktif melalui world wide web yang biasanya disebut dengan homepage atau website. Penulis tertarik untuk membuat website djnamis yang terhubung databse yang dibuat menggunakan MySQL, Website ini dibuat menggunakan Adobe Dreamweaver CS3 yang dipadukan dengan PHP. Dengan adanya website ini, petugas rumah sakit dapat berinteraksi dan berbagi semua informasi yang ada dalam ruang lingkup rumah sakit dengan tujuan untuk membantu rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit terutama dalam penggunaan teknologi informasi. Website ini dapat di akses kapan saja dan dimana saja dengan hasil bahwa batas waktu dan jarak tidak akan menjadi masalah lagi bagi konsumen untuk memahami tentang informasi dan pelayanan perusahaan. Website ini secara dinamis akan menyajikan informasi yang selalu up to date.
Kata Kunci: Perancangan Sistem Informasi, Pelayanan Rumah Sakit.

Full Text:

PDF

References


Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Media Kita.

Dermawan, Deni dan Fauzi, Nur Kunkun. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Informatika.

Gamaswara, Primanggara, dkk. 2015. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Modul Layanan Pada Rumah Sakit. Lontar Komputer. Vol. 6, No. 3 ISSN : 2088-1541 (Desember 2015)

Kadir, Abdul. 2013. Sistem Manajemen Basis Data. Bandung: Informatika.

Rosa dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika.

Widodo, Chomsin S. dan Jumadi. 2008. Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Winarno, Edy, Ali Zaki, SmitDev Community. 2011. Mudah Membuat Website dan E-commerce Dengan PHP Framework. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v4i2.699

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License