JARINGAN KOMPUTER DARI JARAK JAUH DENGAN PENERAPAN HAMACHI VPN

Fahlepi Roma Doni

Abstract


Abstract - With the advancement of the development of the times, then the technology also develops, especially the application technology that shows rapid progress, ifrastruktur field of communication that can support for the creation of systems or applications that are reliable also experienced rapid development. The technology used so that we can control a computer from a different network place or region by using a hamachi VPN (Virtual Private Network) application, using this application then we are as if it will be in one computer network and we can control the computer from other places , the coverage that we can access is not limited to regions, different places, islands, countries and even different continents can be interconnected. The development of different computer technology area every day is also growing and the coverage is wider, not only in one coverage area only, even can become global coverage (the world), that is using internet, with this internet facility, hence to use computer network from Different areas of places can be affordable with hamachi VPN applications can even reach a large area.

Keywords: Information technology, Hamachi VPN, Internet


Abstrak - Dengan semakin majunya berkembangan zaman, maka teknologi ikut berkembang juga, khususnya teknologi aplikasi yang menunjukkan kemajuan yang sangat pesat, ifrastruktur dibidang komunikasi yang bisa mendukung untuk terciptanya sistem atau aplikasi yang handal ikut mengalami perkembangan pesat juga. Teknologi yang digunakan supaya kita bisa mengendalikan komputer dari jaringan yang berbeda tempat atau wilayah dengan menggunakan sebuah aplikasi hamachi VPN (Virtual Private Network), dengan menggunakan aplikasi ini maka kita seolah-olah akan berada dalan satu jaringan komputer dan kita bisa mengendalikan komputer dari tempat lain, cakupan yang dapat kita akses itu tidak terbatas wilayah, berbeda tempat, pulau, negara bahkan yang berbeda benua bisa saling terkoneksi. Perkembangan teknologi jaringan komputer yang berbeda area setiap harinya juga semakin berkembang dan cakupan semakin luas, tidak hanya dalam satu cakupan area saja, bahkan bisa menjadi cakupan global (dunia), yakni menggunakan internet, dengan adanya fasilitas internet ini, maka untuk menggunakan jaringan komputer dari area yang berbeda tempat bisa terjangkau dengan aplikasi hamachi VPN bahkan bisa menjangkau wilayah yang luas.

Kata kunci : Teknologi informasi, Hamachi VPN, Internet 



References


Doni, F. R. (2014). Optimalisasi Jaringan Wireless Dengan Router Mikrotik Studi Kasus Kampus Bsi Tangerang. Evolusi, II(1), 37–45.

Doni, F. R., & Lesmono, I. D. (2018). Mengubah Jarak dengan Penerapan Remote Access Menggunakan Team Viewer, 18(2), 129–136.

Ikhsan. (2014). Pengendalian PC Jarak Jauh dengan Memanfaatkan Media Internet. Teknoif, 2(1).

Kadir, A., & Triwahyuni, T. (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. https://doi.org/10.13140/2.1.4734.7840

Stringer, E. (2007). Action Research 3rd. ed. Action Research.

Triyono, T., & Dharma, U. W. (2018). Penelitian Tindakan Kelas : Apa Dan Bagaimana Melaksanakannya ?, (March), 1–17. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26385.12649




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v7i1.4853

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License