PENGEMBANGAN E-MARKET BAGI PRODUK-PRODUK KERAJINAN DARI BAHAN ALAM INDONESIA

Eva Argarini Pratama, Angga Ardiansyah, Dian Gazy - AMIK BSI Purwokerto

Abstract


Abstract - Indonesia's vast territory with its abundant natural wealth, where this natural wealth can be utilized to produce many products kerajianan. Handicrafts from Indonesia are also very diverse types with creativity and innovation of products that develop in accordance with market needs and technological developments. With the development of market needs and technological developments, SMEs have many demands in the face of competition both locally and internationally. So that there needs to be a correction, preparation and effort in facing these challenges one way that can be done is to utilize and implement Information System (e-market). By using the existing system development model that is waterfall model, the purpose of this e-market in supporting the solution of the problems and needs of SMEs that have been mentioned previously will be realized, that is by the application of e-market can bring together and bring together various sellers, especially the entrepreneurs / SMEs with kerajianan kerajianan production from Indonesia natural materials in one website, where every SMEs can upload photos of their products according to product category and detail of SME products on a page / store may so that both store or product can be promoted widely. Keywords: SME, Craft, E-market, Waterfall Abstrak - Wilayah Indonesia yang sangat luas dengan limpahan kekayaan alamnya, dimana kekayaan alam ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan banyak produk kerajianan. Kerajinan dari Indonesia pun sangat beragam jenisnya dengan kreatifitas dan inovasi produk yang berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkembangan teknologi yang ada. Dengan adanya perkembangan kebutuhan pasar dan pekembangan teknologi tersebut maka UKM memiliki banyak tuntutan dalam menghadapi persaingan baik secara lokal maupun internasional. Sehingga perlu adanya suatu pembenahan, persiapan dan usaha dalam menghadapi tantangan tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan dan mengimplementasikan Sistem Informasi (¬e-market). Dengan menggunakan model pengembangan sistem yang ada yaitu model waterfall maka tujuan adanya e-market ini dalam mendukung penyelesaian permasalahan dan kebutuhan UKM yang sudah disebut sebelumnya akan terwujud, yaitu dengan adanya aplikasi e-market dapat mempertemukan dan menyatukan berbagai penjual khususnya para pengusaha/ UKM dengan produksi kerajianan dari bahan alam Indonesia dalam satu website, dimana setiap UKM dapat meng-upload foto produknya sesuai dengan kategori produk dan detail dari produk UKM pada suatu halaman/ toko mayanya sehingga baik toko ataupun produknya dapat terpromosi secara luas. Kata Kunci: UKM, Kerajinan, E-market, Waterfall

References


Agustina. (2010). Spesialisasi dan Konsentrasi Spasial Industri Kecil. Semarang.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Resti, 1(2), 131–136.

Backtiar, M. S., Supriatna, A. D., Algoritma, J., Tinggi, S., Garut, T., Analisis, O. O., & Oriented, O. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Batu Akik. Jurnal Algorima, 12(1), 1-8.

Kaplan, A. . and M. H. (2012). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons.

Kodong, F. R., Kaswidjanti, W., & Setiyawan, A. (2012). Model Aplikasi E-Market Sebagai Sarana Promosi Dan Tukar Menukar Informasi. Telematika, 8(2), 75-84.

Media Belajar. Produk Kerajinan dari Bahan Alam _ Media Belajar, media belajar (2015). Retrieved from http://www.mediabelajar.info/2015/02/produk-kerajinan-dari-bahan-alam.html

Mendez, M. (2014). The Missing Link, An Introduction to Web Development And Programming. New York: Open SUNY Textbooks, Milne Library (IITG PI) State.

Pradana, M. (2015). Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce. Neo-Bis, 9(2), 32–40.

Prasetyo, E. K., & Hartanto, R. (2016). Perancangan Website Public E-Marketplace Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Temanggung. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK), 238–246.

Raldianingrat, W. (2014). Kreatif Kerajinan Melalui People Equity Dan Strategi Inovasi Di Kabupaten. EKOBIS, 15(2), 102–112.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v6i1.3538

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License