PENGEMBANGAN APLIKASI POS YANDU BERBASIS WEB

Imam Soleh M - AMIK BSI Purwokerto, Ragil Wijianto - STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract


Abstract - Posyandu is a basic health activity organized from, by and for communities assisted by health workers. Posyandu is one of the Community Based Health Efforts (CBHE). Thus, Posyandu is a self-help activity of the community in the health sector with the responsibility of the village head. Posyandu concept is closely related to integration. The integration includes the integration in the aspect of the target, the location of the activity, the aspect of the organizer, the funding aspect and so forth. (Depkes RI, 2012: 1). Internet technology can be utilized to facilitate access to information in Posyandu. The data in Posyandu such as toddler data, weighing data, immunization activity data and others can be stored online so that daqpat accessed by people who joined in a posyandu. The delivery of information and data can be accessed more quickly by communities involved in posyandu activities. A web-based application is required to make this happen. This application is used by Posyandu cadres to include data of activities carried out in posyandu. Then this application is also accessed by citizens to get the required information. Internet technology allows data access is done without being tied to place and time. This research aims to develop an application that provides activity information in Posyandu in the form of web site (web-based application) that can be accessed by posyandu cadres and community. The result of this research is an application of Posyandu information that can be utilized by Posyandu organizer. It is expected that this application can be useful in the delivery of information posyandu activities in the delivery of information posyandu activities.

 

Keywords:  Internet, Website, Posyandu.

 

Abstrak - Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Depkes RI, 2012:1). Teknologi internet dapat dimanfaatkan untuk mempermudah akses informasi di Posyandu. Data-data yang ada di Posyandu seperti data balita, data penimbangan, data kegiatan imunisasi dan lain-lain dapat disimpan secara online sehingga daqpat diakses oleh masyarakat yang tergabung pada sebuah posyandu. Penyampaian informasi dan data-data dapat diakses dengan lebih cepat oleh masyarakat yang terlibat dalam kegiatan posyandu. Sebuah aplikasi berbasis web dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut. Aplikasi ini digunakan oleh kader Posyandu untuk memasukan data kegiatan yang dilaksanakan di posyandu. Kemudian aplikasi ini juga diakses oleh warga untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Teknologi internet memungkinkan akses data dilakukan tanpa terikat tempat dan waktu. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi yang menyediakan informasi kegiatan di posyandu dalam bentuk situs web (aplikasi berbasis web) yang dapat diakses oleh kader posyandu dan masyarakat.  Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi informasi posyandu yang dapat dimanfaatkan oleh penyelenggara posyandu. Diharapkan aplikasi ini dapat bermanfaat dalam penyampaian informasi kegiatan posyandu dalam penyampaian informasi kegiatan posyandu.

 

Kata Kunci:  Internet, Website, Posyandu.


Full Text:

PDF

References


Anhar, S. 2010. Panduan Menguasai PHP dan Mysql Secara Autodidak. Cetakan ke-1. Jakarta : Mediakita. ISBN : 979-794-241-4.

Brady, M., and Loonam, J. 2010. Exploring The Use Of Entity-Relationship Diagramming As A Technique To Support Grounded Theory Inquiry. Bradford : Emerald Group.Despkes RI. 2012. Buku Pegangan Kader Posyandu. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Fatta, Hanif Al. 2007. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi Modern. Edisi 1. Yogyakarta : Andi Offset. ISBN 978-979-29-0216-7.

Fathansyah. 2007. Basis Data. Bandung : Informatika.

Hidayat, Rahmat. 2010. Cara Praktis Membngun Website Gratis. Jakarta : Elexmedia Komputindo. ISBN : 978-979-27-7110-7.

Jogiyanto, HM. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Yogyakarta : Andi Offset.

Lowery, Joseph. 2012. Adobe Dreamweaver CS6 Bible. Indianapolis USA : John Wiley and Sons. ISBN 978-1-118-17063-2.

Muslihudin, Muhammad dan Oktafianto. 2016. Analsis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan Uml. Yogyakarta : Andi Offset. ISBN : 978-979-29-5549-1.

Pressman, Roger, S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi. Edisi 7. Yogyakarta : Andi Offset.

Prihatna, Henky. 2005. Kiat Praktis Menjadi Web Master Professional. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Rosa, A.S dan Salahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung : Modula.

Sibero, Alexander F. K. 2011, Kitab Suci Web Programing, Yogyakarta: MediaKom.

Sigit, W Aloysius. 2011. Pemrograman Web Aplikatif dengan Java. Jakarta: PT. Elex. Media Komputindo.

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2007. Pemrograman Flash dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Yuhefizar, 2008. 10 Jam Menguasai Internet, Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta : Elexmedia Komputindo. ISBN 978-979-27-3470-6.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v5i2.2838

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License