PENERAPAN SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT BERBASIS ALGORITMA GENETIKA

Chandra Kesuma

Abstract


Identifikasi penyakit yang akurat sangat diperlukan guna mengetahui penyakit yang sedang diderita. Kesalahan diagnosa dapat mengakibatkan seseorang menderita sakit yang berkelanjutan. Pemberian obat kimia yang tidak sesuai juga dapat mengakibatkan timbulnya penyakit baru. Obat herbal merupakan obat yang dinyatakan aman untuk dikonsumsi guna menyembuhkan penyakit serta hanya menimbulkan sedikit efek samping.

 

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yaitu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan oleh manusia. Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berfikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.

 

Dalam merancang bangun Aplikasi Herbal Expert System ini penulis menggunakan bidang Artificial Intelligent (AI) yaitu Sistem Pakar (Expert System). Expert System adalah suatu sistem yang digunakan untuk meniru kepakaran dari seseorang. Di dalam penulisan ini dilakukan penelitian mengenai penggunaan bidang Artificial Intelligent (AI) dengan Expert System yang diterapkan pada Identifikasi Penyakit.

 

Pada Aplikasi Herbal Expert System menggunakan algoritma genetika sebagai penyelesaian aplikasi untuk mendapatkan hasil yang lebih detail dan akurat. Algoritma genetika merupakan algoritma pencarian yang didasarkan pada mekanisme seleksi ilmiah dan genetika ilmiah yang digunakan sebagai algoritma pencarian parameter - parameter optimal.

 

Hasil pengujian menggunakan Uji Produk dan Uji Manfaat. Uji Produk yang dilakukan pada 3 (tiga) kali pengujian mendapat nilai diatas batas yang telah ditentukan (>70) dan dinyatakan berhasil. Sehingga Aplikasi Herbal Expert System dapat dibangun dan berhasil diuji kinerjanya berdasarkan Dimension of Quality for Good. Sedangkan hasil dari Uji Reliabilitas Statistic pada Uji Manfaat yang dilakukan pada 2 (dua) kali pengujian menunjukkan nilai Croanbach Alpha diatas 0,7 yaitu 0,822 dan 0,822 sehingga dapat dinyatakan kedua belas item pernyataan pada kuisioner terbukti reliabel.

 

Kata kunci: Kecerdasan Buatan; Sistem Pakar, Identifikasi Penyakit, Algoritma Genetika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v1i1.2265

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Kampus Kabupaten Banyumas

Jalan HR. Bunyamin 106, Pabuaran, Kec. Purwokerto Utara,
Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124, Telp. (0281) 642848
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License