Sistem Informasi Pembayaran Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pacitan

Nurita Wulansari - Universitas Surakarta, Sukadi - STKIP PGRI Pacitan

Abstract


ABSTRACT : In recent years, computer technology as a data processor has been growing very rapidly. With the computer then the counting process, data processing, data storage will be faster and more accurate.

Payment in schools is a very important because every activity in school will definitely require payment for the smooth operation of the school. In junior high school 4 Pacitan, many problems occur that include payment recording errors and processing data, especially the financial part, in which officers are recorded each student payment into a payment card and into the ledger. This research aims to analyze and create a new system is the development of a pre-existing system to make it more flexible and dynamic, and minimize the error in pengimputan and optimize the data storage and data security. Resulting Student Payment Information System In junior high school 4 Pacitan that help officers in the payment processing payment data and report student payments.

This research will outline the products produced at each stage of the analysis is complete and detailed, from the observation stage to stage testing and report generation. It is hoped the work practices can address the difficulties often faced by managers and students that can be much more efficient and effective.

Keywords: Payment Information Systems.

 

ABSTRAKSI : Dalam beberapa tahun ini, teknologi komputer sebagai pengolah data telah berkembang sangat pesat. Dengan adanya komputer maka proses penghitungan, pengolahan data, penyimpanan data akan menjadi lebih cepat dan akurat.

Pembayaran di sekolah merupakan bagian yang sangat penting karena setiap kegiatan yang ada di sekolah pasti akan membutuhkan pembayaran demi kelancaran kegiatan sekolah. Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pacitan, banyak terjadi permasalahan yang diantaranya adalah kesalahan pencatatan pembayaran dan proses pengolahan data khususnya bagian keuangan yang belum terkomputerisasi, yang mana petugas masih mencatat setiap pembayaran siswa ke dalam sebuah kartu pembayaran dan ke dalam buku besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuat sistem baru yang merupakan pengembangan dari sistem yang telah ada sebelumnya supaya lebih fleksibel dan dinamis serta meminimalisasi adanya kesalahan dalam pengimputan dan penyimpanan data serta mengoptimalkan keamanan data. Sehingga menghasilkan Sistem Informasi Pembayaran Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pacitan yang membantu petugas pembayaran dalam proses pengolahan data pembayaran maupun laporan pembayaran siswa. Penelitian ini akan menguraikan produk-produk yang dihasilkan pada masing-masing tahap analisis secara lengkap dan terperinci, dari tahap observasi sampai tahap pengujian dan pembuatan laporan. Diharapkan hasil kerja praktik ini dapat menjawab kesulitan yang seringkali dihadapi oleh pengelola maupun mahasiswa sehingga bisa jauh lebih efisien dan efektif.

Kata Kunci : Sistem Informasi Pembayaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v5i1.1729

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License