Analisa Perbandingan Algoritma Insertion Sort Dan Merge Sort Dalam PENGURUTAN DATA Pada C++ Dan Java

Ardiyansyah - AMIK BSI Pontianak

Abstract


Abstract - Ordering data interpreted as a rearrangement or sort the data that was originally inserted at random and then into data sequences. The purpose of sorting the data itself, namely to simplify the search data. Data sorting method is also needed by programmers in designing applications or programs due to facilitate the processing of data, particularly data on a large scale. Comparison of the data sorting method, the algorithm used is algorithm Insertion Sort and Merge Sort. As for implementation using the programming language C ++ and Java. Then the source code of the two algorithms are implemented in each programming language will be changed so that the data entered by the user's request will generate random data. After that, the two algorithms are compared and tested in the sequencing data. And the results obtained from testing and comparison made is that in C ++ algorithm Merge Sort is faster and showed better performance than the Insertion Sort algorithm. Whereas in Java Insertion Sort algorithm is faster and better than Merge Sort algorithm. Especially for the amount of data being entered > 10000. The Insertion Sort algorithm is superior in memory usage or storage space than Merge Sort algorithm for Insertion Sort algorithm does not use recursion in the sort routine.

Keywords: Data Ordering Methods, Algorithms Insertion Sort , Merge Sort algorithm. Abstrak - Data Pengurutan diartikan sebagai penataan ulang atau mengurutkan data yang awalnya disisipkan pada urutan data acak dan kemudian ke. Tujuan dari pemilahan data itu sendiri, yaitu untuk mempermudah pencarian data. metode pengurutan data juga dibutuhkan oleh programmer dalam merancang aplikasi atau program karena memudahkan pengolahan data, terutama data dalam skala besar. Perbandingan data metode pengurutan, algoritma yang digunakan adalah Algoritma Insertion Sort dan Merge Sort. Adapun implementasi menggunakan bahasa pemrograman C ++ dan Java. Kemudian kode sumber dari dua algoritma diimplementasikan dalam setiap bahasa pemrograman akan diubah sehingga data yang dimasukkan oleh permintaan pengguna akan menghasilkan data acak. Setelah itu, kedua algoritma dibandingkan dan diuji dalam data sequencing. Dan hasil yang diperoleh dari pengujian dan perbandingan yang dibuat adalah bahwa dalam algoritma C ++ Merge Sort yaitu lebih cepat dan menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada Algoritma Insertion Sort. Sedangkan pada Algoritma Java Insertion Sort lebih cepat dan lebih baik dari Algoritma Merge Sort. Terutama untuk jumlah data yang dimasukkan > 10000. Penyisipan ini unggul dalam penggunaan memori atau ruang penyimpanan dari Algoritma Merge Sort untuk algoritma Insertion Sort tidak menggunakan rekursi dalam rutinitas semacam.Kata Kunci: Data Ordering Methods, Algoritma Insertion Sort, Algoritma Merge Sort.

Full Text:

PDF

References


Saptadi Arief Hendra, Desi Windi Sari. 2012. Analisis Algoritma Insertion Sort, Merge Sort dan Implementasinya Dalam Bahasa Pemrograman C++. Vol. 4 No 2. 2012.

Sjukani Moh. 2009. Algoritma (Algoritma dan Struktur Data 1) Dengan C, C++, dan Java, Edisi 5 Teknik-teknik Dasar Pemrograman Komputer. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Suaraga. 2012. Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Andi.

Utami, Sukrisno. 2005. 10 Langkah Belajar Logika dan Algoritma, Menggunakan Bahasa C dan C++ di GNU/LINUX. Yogyakarta:Andi.




DOI: https://doi.org/10.31294/evolusi.v5i1.1711

ISSN: 2657-0793 (online). ISSN: 2338-8161 (print)

Published By LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License