STRATEGI PRODUK CILOK KENYAL KENYOL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Ani Solihat, Lukmanul Hakim, Sri Dewi Setiawati

Abstract


ABSTRAC_Cilok Kenyal Kenyol is a brand of traditional food from Bandung. Created for lifting traditional food to be more modern, more popular nationally and internationally. Various innovations in products cilok already taken in an effort to increase sales, but these measures still do not meet the sales target. This study uses qualitative research with case study approach. Data collected by FGD (Focus Group Discussion) involving 20 people consisting of teachers Catering, Lecturer in Tourism, Employees Restaurant, Blogger (Food Blogger and Travel Blogger), Media, and Consumer (Students, Student, Employee, Housewife). This research produced models of the product development strategy, namely through its attributes and product features, style and design of products, brands and logos, packaging, labeling of the product support services.

Keyword : Product, Product Strategy, Case Study


ABSTRAK_Cilok Kenyal Kenyol merupakan makanan tradisional yang berasal dari Kota Bandung. Diciptakan dengan tujuan untuk mengangkat makanan tradisional menjadi lebih modern dan lebih popular baik secara nasional maupun internasional. Berbagai inovasi pada produk cilok sudah dilakukan sebagai usaha meningkatkan penjualan, namun langkah tersebut masih belum memenuhi dengan target penjualan . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan FGD (Focus Group Discussion) yang melibatkan 20 orang terdiri dari Guru Tata Boga, Dosen Akademi Pariwisata, Karyawan Restoran, Blogger (Food Blogger dan Travel Blogger), Media, dan Konsumen (Mahasiswa, Siswa, Karyawan, Ibu Rumah).  Penelitian ini menghasilkan model strategi pengembangan produk, yaitu melalui atribut dan fitur produk, gaya dan rancangan produk, merek dan logo, pengemasan, pemberian label pelayanan penunjang produk.

Kata Kunci : Produk, Strategi Produk, Studi Kasus.


References


Kotler, Philip & K.L.Keller, (2006) Marketing Management, 12th Edition, International Edition, New Jersey: Prentice Hall.

Rangkuti, Freddy, (2010) Strategi Promosi yang Kreatif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung, ID: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung, ID: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung, ID: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.805

Copyright (c) 2016 Ani Solihat, Lukmanul Hakim, Sri Dewi Setiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License