PEMANFAATAN NERACA SEBAGAI PENERAPAN FUNGSI PENGELOLAAN PERMODALAN UMKM (HASIL PEMIKIRAN KONSEPTUAL)

Lufthia Sevriana

Abstract


ABSTRACT

 

This research was accomplished to be a contribution for Micro, Small, and Medium Entreprises because of our concern to the condition of the MSMES in enlarging their business. Characteristic of their problems are very classic. Most of them still disable to manage their capital, to take the advantage of techonology for their business, and to market their product widely, and so on. But capital as the basic needs of the business operation needs special treatment. From literature review, the writer found that although MSMES knew the advantage of financial statement arrangement, but not all of them willing to arrange financial statement with strong commitment. Although we actually entering the era of Asean Economic Community, the competency of financial statement arrangement are not distribute evenly among the Asean Countries. Therefore, MSMES need back up from the government, the corporation, and also academic people to train the MSMES entrepeneurs, and also to counsel them in improving their competence in arranging Income statement based on their implementation stage.

 

Keywords: MSMES, Financial Statement, SAK ETAP.

 

ABSTRAK

 

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjadi salah satu kontribusi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah karena kepedulian penulis pada kondisi UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Karakteristik dari permasalahan mereka sangat klasik. Kebanyakan UMKM masih tidak mampi mengelola modal mereka, mengambil manfaat dari teknologi untuk bisnis mereka, untuk memperluas jaringan pemasaran produknya, dan lain sebagainya. Akan tetapi, modal sebagai kebutuhan mendasar dari operasional bisnis mereka, membutuhkan perlakuan khusus. Dari kajian pustaka, penulis menemukan bahwa meskipun UMKM mengetahui manfaat dari penyusunan laporan keuangan, kebanyakan dari mereka tidak memiliki kemauan untuk menyusun laporan keuangan dengan komitmen yang kuat. Meskipun kita telah memasuki era MEA, kompetensi dalam penyusunan laporan keuangan tidak tedistribusi dengan rata diantara negara-negara Asean. Untuk itu, UMKM membutuhkan dukungan dari pemerintah, perusahaan dan juga akademisi untuk melatih pengusaha UMKM, dan juga untuk membimbing mereka dalam meningkatkan kompetensi dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan tahapan yan sudah mereka terapkan.

 

Kata Kunci: UMKM, Laporan Keuangan, SAK ETAP


References


Abubakar, Wibowo. (2004). Akuntansi Untuk Bisnis: Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Andreas, Beth Sianne. (2012). Evaluasi atas Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Laporan Keuangan Koperasi di Kota Bandar Lampung (Studi Kasus pada KPRI di Kota Bandar Lampung).

Andriani, Lilya, Anantawikrama Tungga Atmadja, Ni Kadek Sinarwati. (2014). Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Sebuah studi interpretatif pada Peggy Salon). E-Journal S1 Ak Universias Pendidikan Ganesha.

Aufar, Arizali. (2012). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) (Survei pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung).

Baas dan Schrooten. 2006. Relation Banking and SMeS: A theoretical analysis, Small Business Economic. (27)

Bank Indonesia. (2009). Kajian Mengenai Rumusan Standar Minimum Laporan Keuangan dan Business Plan Untuk UMKM: Persiapan Bank Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Jakarta: Direktorat Kredit, BPR, dan UMKM Bank Indonesia.

BPWS Suramadu. (2012). Modul 3: Usaha Kecil di Indonesia.

BPWS Suramadu. (2012). Modul 3: Mengelola Permodalan Usaha Kecil di Indonesia.

Drake, P. Peterson dan Fabozzi, Frank.J. (2012). Analysis of Financial Statement, 3rd edition. New York:Wiley and Sons.

Mansyur, Dwi Indah Pratiwi. (2012). Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atas Penggunaan Laporan Keuangan (Studi Empiris pada UMKM Mitra Binaan PT. Telkom Indonesia, Tbk Wilayah VII KTI). Univeristas Hasanuddin.

Musyafa’ah. (2012). Studi Komparatif Pencatatan Akuntansi sesuai SAK ETAP dengan Pencatatan UMKM di Sidoardjo. Universitas Negeri Surabaya.

Pratiwi, Ririh Dian. (2012). Menyusun Laporan Keuangan Sederhana dengan Microsoft Excel. Media Ekonomi dan Teknologi Informasi (19), (1).

Putra, Hermon Adhy, Elisabeth Penti Kurniawati. (2012). Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Proceeding Call For Paper Pekan Ilmiah Dosen FEB-UKSW.

Sariningtyas, Pratiwi, Tituk Diah. (2011). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Usaha Kecil dan Menengah. JAKI (8), (1)

Siswono, Edi. (2013). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Studi Kasus UKM Brebes Fried Chicken). Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Sofiah, Nurhayati, Aniek Murniati. (2014). Persepsi Pengusaha UMKM Keramik Dinoyo Atas Informasi Akuntansi Keuangan Berbasis Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jurnal JIBEKA, 8 (1).

Tresnati, Ratih, Nina Maharani, Lufthia Sevriana. (2015). P2UMKM Pelatihan Strategi Triple Helix dalam rangka meningkatkan pendapatan pengrajin sentra kaos sablonan di daerah SUCI Bandung. Bandung: Hibah PKM LPPM Unisba.

Zahri, Rihan Mustafa. (2014). Faktor-faktor yang mempengarui persepsi pengusaha tentang pentingnya pelaporan keuangan dengan jumlah kredit serta prospek implementasi SAK ETAP (Studi Empiris pada UMKM di Kabupaten Boyolali). Naskah Publikasi Univeristas Muhammadiyah Surakarta.

Zulfikar, Tashadi Tarmizi, Arianto. (2012). Praktek Akuntansi: Kajian Faktor Motivasi pada Usaha Kecil Menengah di Kalimantan Barat. Jurnal Eksos Volume 8 halaman 34-40 ISSN 1693-9093




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.803

Copyright (c) 2016 Lufthia Sevriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License