REFORMASI SISTEM AKUNTANSI CASH BASIS MENUJU SISTEM AKUNTANSI ACCRUAL BASIS

Yuri Rahayu

Abstract


Abstract –  Accounting reform movement was born with the aim of structuring the direction of improvement . This movement is characterized by the enactment of the Act of 2003 and Act 1 of 2004, which became the basis of the birth of Government Regulation No.24 of 2005 on Government Accounting Standards ( SAP ). The general,  accounting is based on two systems,  the cash basis  and the accrual basis. The facts speak far students still at problem with differences to the two methods that result in a lack of understanding on the treatment system for recording. The purpose method of research is particularly relevant to student references who are learning basic accounting so that it can provide information and more meaningful understanding of the accounting method cash basis and Accrual basis. This research was conducted through a normative approach, by tracing the document that references a study/library that combines source of reference that can be believed either from books and the internet are processed with a foundation of knowledge and experience of the author. The conclusion can be drawn that basically to be able to understand the difference of the system and the Cash Basis accrual student base treatment requires an understanding of both methods. To be able to have the ability and understanding of both systems required reading exercises and reference sources.

 

Keywords : Reform, cash basis, accrual basis

 

Abstrak - Gerakan reformasi akuntansi dilahirkan dengan tujuan penataan ke arah perbaikan. Gerakan ini  ditandai dengan dikeluarkannya  Undang-Undang tahun 2003 dan Undang-Undang No.1 Tahun 2004  yang menjadi dasar lahirnya Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) . Pada umumnya pencatatan akuntansi di dasarkan pada dua sistem yaitu basis kas (Cash Basis ) dan basis akrual  (Accrual Basis). Fakta berbicara Selama ini mahasiswa masih dibinggungkan dengan perbedaan ke dua metode itu sehingga berakibat pada kekurang pahaman atas perlakuan sistem pencatatan  ke dua metode tersebut. Tujuan dari penelitian referensi ini ingin memberikan informasi dan pemahaman yang lebih berarti tentang Metode  akuntansi Cash basis dan Accrual basis kepada mahasiswa yang sedang belajar akuntansi dasar dan umumnya kepada pembaca yang ingin mengetahui lebih dalam perbedaan dan perlakuan dari ke dua metode itu.  Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan normatif, dengan melakukan penelusuran dokumentasi  yaitu studi referensi/pustaka yang mengabungkan sumber referensi yang bisa di percaya baik dari buku, jurnal, prosiding  maupun internet yang diolah dengan landasan pengetahuan dan pengalaman penulis. Kesimpulan yang bisa diambil  bahwa pada dasarnya untuk bisa memahami perbedaan dari sistem Cash Basis dan Accrual basis mahasiswa diwajibkan sering melakukan  stimulasi, baik dalam bentuk workshop atau latihan soal dan baca referensi dari sumber yang kompeten.

 

Kata kunci : Reformasi kas basis, aktual basis


References


ekonomi.kompasiana.com/./perbedaan-cash-akrual-dan-basis. Diakses Desember 2014.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi keuangan. Edisi 10. Jakarta Salemba.

Ismawati;K. 2011. Accrual Accounting dan New Publik Manajement. http://unsa.ac.id. Diakses Januari 2015.

Modul Accrual Accounting. 2013. STAR-BPKP.

Nasucha. 2004.mrdewa. blogspot. Com/ 2008/03/reformasi-administrasi-definisi-dan.html.Diakses Nopember 2014.

PP No. 24 Tahun 2015 tentang SAP.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sri Suryanovi. 2008. Jurnal Kementerian Keuangan RI. Cash Basis dan akrual Basis, Akuntansi Pemerintah, vol. 3 no.1 Oktober 2008. www.perpustakaan.depkeu.go.id, p. 77, Diakses Desember 2014.

Sartika. My jurnal.blogspot.com/2011/02/. Diakses September 2014.

span.depkeu.go.id/content/menyongsong-penerapan-akuntansi-berbasis-akrual. Diakses Januari 2015.

trisyeza.blogsport.com/2011/metode-akuntansi-accrual-basis-and-cash.html. Diakses Desember 2014..

thesis.binus.ac.id/doc/bab2/2010. Di akses Desember 2014.

http://www.google.co.id/?gws_rd=ssl=contoh+ uang+giral. Di akses Desember 2014.

http://zahiraccounting.com/id/blog/basis-akrual-dan-basis-kas-dalam-akuntansi. Diakses Agustus 201.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i1.66

Copyright (c) 2016 Yuri Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License