PENGARUH PELATIHAN DAN MANAJEMEN PERUBAHAN TERHADAP IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCES PLANNING (ERP) DI PT SEMEN BATURAJA PERSERO TBK

Niken - Kristalia, Badia Perizade, Yuliani Yuliani, Agustina Hanafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan dan manajemen perubahan terhadap implementasi Entreprise Resources Planning (ERP). Jumlah populasi adalah 318 orang pengguna ERP di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan Metode Slovin sebagai teknik sampling sehingga pengisian kuesioner didistribusikan kepada 154 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi ERP. Manajemen perubahan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi ERP. Saran dari penelitian ini adalah PT Semen Baturaja perlu memperhatikan dimensi peserta untuk dapat meningkatkan semangat peserta dalam mengikuti pelatihan dan meningkatkan keinginan peserta dalam memahami ERP. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk perlu melakukan suatu evaluasi hasil yang didapat dalam pelatihan, dengan memperhitungkan tingkat reaksi peserta, tingkat belajar, tingkat tingkah laku kerja, tingkat organisasi dan nilai akhir. Saran berikutnya adalalah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk hendaknya mempraktikkan Model ADKAR untuk digunakan langsung sebagai metode manajemen perubahan. ADKAR akan memudahkan dalam melakukan pengukuran performa untuk menentukan langkah yang tepat dalam praktik manajemen perubahan dan karyawan sebagai user dapat mempertahankan dan meningkatkan perubahan yang selama ini telah dijalankan.

 

Keyword : Pelatihan, Manajemen Perubahan, Implementasi Enterprise Resources Planning; Regresi berganda


Keywords


Pelatihan, Manajemen Perubahan, Implementasi Enterprise Resources Planning; Regresi berganda

References


Coffman Karen., and Lutes Katie. (2007). ”Management of Change”. SlidePresentation diakses melalui http://www.actgov.org/MOC2007 tanggal 12 Desember 2018.

Davenport, T.H.(1998). “Putting the Enterprise into the Enterprise System.” Harvard Busiess review 76(4) : 121-131.

Dewanto Wawan, Falahah. (2007). “ERP (Enterprise Resource Planning) Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis”. Bandung : Informatika.

Dessler, Gary. (1997). “Manajemen Sumber Daya Manusia”.Jakarta :PT. Prenhallindo

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Gupta, S., Bostrom, R. P. and Huber, M.(2010). “End-User Training Methods: What We Know, Need To Know”. The Database for Advances in Information System Vol. 41(4): 9-39.

Hall, James A dan Singleton, Tommie. (2007). “Information Technology Auditing and Assurances.” 2nd ed. Thomson Learning.

Irfani, M.Hafiz. (2015). “ERP (Enterprise Resource Planning dan aspek-aspek penting dalam penerapannya”.Jurnal Eksplora InformatikaVol. 4(2): 237.

Komaruddin. (2010). Ensiklopedia Manajemen.Jakarta : Bumi Aksara.

Kotter, J. (2011). Change Management vs.Change Leadership-What’s The Difference?. http://www.forbes.com/sites/johnkotter/2011/07/12/change-management-vs-change-leadership-whats-the-difference/. Sitasi 26 Mei 2013

Mathis dan Jackson. (2009). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Mondy R Wayne. (2008). “Manajemen Sumber Daya Manusia.”Jakarta: Erlangga.

Nauheimer, Holger. (2007). “Change Management for One World: A Virtual Toolbook for Learning Organization in Development”.www.change-management-toolbook.com diakses tanggal 1 Februari 2019.

O’Brien, James A, dan George M. Marakas. (2010). “Management Information Systems”. Eight Edition. New York : McGraw-Hill/Irwin.

Potts, R., & Jeanne, L.M. (2004).”Managing change for success”. London: DucanBaird Publishers.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods)”.Bandung: Alfabeta.

Umble, E.J. Haft, R.R, umble, M.M. (2003). “Enterprise Resources Planning: Implementation Procedures and Critical Succsess Factors”. Europan Journal of Operation Research 146:241-257.

Veithzal Rivai dan Ella Jauvani Sagala. (2011). “Manajemen Sumber Daya Manusiauntuk Peursahaan dari Teori ke Praktik”. Jakarta: PT Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i2.6218

Copyright (c) 2019 Niken - Kristalia, Badia Perizade, Yuliani Yuliani, Agustina Hanafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License