IMPLEMENTASI KAIZEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI TANGERANG

Desy Tri, Ani Rakhmanita, Anggraini Anggraini

Sari


Budaya Kerja Kaizen banyak memberikan perubahan yang sangat besar pada banyak perusahaan di Jepang.  Kaizen berfokus pada perbaikan secara terus menerus. Strategi kaizen adalah manajemen harus memuaskan pelanggan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Penyempurnaan dalam mutu, biaya, dan penjadwalan untuk memenuhi volume barang adalah hal yang sangat penting. Peningkatan produktifitas, proses kaizen tidak berhenti setelah perbaikan, dan diimplementasikan, tetapi setiap kemajuan akan disatukan sebagai standar prestasi kerja yang baru. Akan tetapi standar hari ini berlaku sampai ditemukan standar baru untuk perbaikan.  Penelitian ini pada perusahaan manufaktur berasal dari Jepang  yang bergerak di bidang industri pembuatan motor diesel, industri perakitan kendaraan bermotor  serta industri komponen kendaraan yang berada di Tangerang. Penelitian  ini menggunakan deskriptif  kualitatif yaitu mengumpulkan data berdasarkan faktor  pendukung terhadap objek penelitian. Budaya kaizen pada perusahaan peneliti berfokus pada data historis penerapan budaya kaizen yang ada di perusahaan melalui hasil wawancara dan adaptasi budaya kaizen pada perusahaan dan implementasinya.


Kata Kunci


kaizen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Cane S. 2008. Kaizen Strategies for winning through people. Ahli bahasa Martin Widjogko, editor. Batam: Interaksra.

Chakraborty A. 2013. Importance of kaizen concept in medium manufacturing enterprises. Journal of Management Strategy (IJMS) Vol 4 no.3.https://www.scribd.com/document/217768999/Kaizen-Paper.

Herjanto E. 2010. Manajmen Operasi, Ketiga. Jakarta: Grasindo.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Karas, Elsbieta.., Smietanski, Roman.., Cilan TF. 2016. Employee Assessment of Kaizen Implementation in Industrial Enterprise. Acta Tech. Corviniensis-Bulletin Engineering. Vol. 9 No 4. https://web.a.ebscohost.com/abstract?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=20673809&AN=118805837&h

Putra Novaldi MM. 2018. Analisis Penerapan Budaya Kaizen pada Perusahan Joint Venture ASN Jepang di Indonesia (Studi Pada PT X). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.57 No.1.https://www.scribd.com/document/415153150/2371-9463-1-PB

Shang G & L S Pheng. 2013. Understanding the aplication of kaizen. Journal Technology Management in China. Vol 8 N0 1. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JTMC-03-2013-0018/full/html

Stefanic, N , Tosanovic M& HM. 2012. Kaizen Workshop as an important element of continous improvement process. Journal of Industrial Engineering and Management Vol 3 No 2.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuatitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Titu, M.A.c O and DG. 2010. Applying the kaizen method and the 5S technique in the activity of post-sale services in the knowlage base organization. Proceeding of International Multi Conference of Engineering Computer Scientis. http://www.iaeng.org/publication/IMECS2010/IMECS2010_pp1863-1867.pdf

Wiratmani Elfitria. 2013. Analisis Implementasi metode 5S untuk pemeliharaan stasiun kerja proses silk printing di PT Mandom Indonesia Tbk. Factor Exacta Vol 6 No.4. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/viewFile/241/227

Wisnubroto P& RA. 2015. Pengendalian Kualitas produk dengan kaizen serta new seven tools sebagai usaha pengurangan kecacatan produk. Jurnal Teknology. Vol 8 N01.https://www.scribd.com/document/413935169/1114-Article-Text-1759-1-10-20190318-2-pdf




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.6077

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License