KETERKAITAN ANTARA MINAT MENGURUS JABATAN FUNGSIONAL DAN SERTIFIKASI PENDIDIK DIKALANGAN DOSEN SWASTA

Ratiyah Ratiyah, Hartanti Hartanti, Irwin Ananta Vidada, Eka Dyah Setyaningsih, Rina Oktiyani

Sari


Studi empiris yang mengkaji aspek keprilakuan pada minat, melaporkan adanya perbedaan temuan tentang preferensi dosen yang belum memiliki jabatan fungsional akademik dan dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik terhadap pilihan waktu (time prefereuce) dan sikap terhadap resiko (risk attitude) dalam mengurus kenaikan jabatan fungsional dosen. Beberapa studi melaporkan bahwa dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik, memilih opsi perspektif waktu yang bersifat “segera”,  meskipun  dengan  nilai  utilitas  yang  lebih  rendah.  Sementara itu, dalam studi-studi yang lain dilaporkan bahwa dosen yang belum memiliki sertifikat pendidik cenderung santai dalam mengurus kenaikan pangkat dengan menunggu batas waktu maksimal kenaikan pangkat habis. Kesimpulan yang diperoleh dalam studi ini bahwa tidak ada perbedaan preferensi terhadap waktu antara dosen bersertifikasi pendidik  dan  dosen belum bersertifikasi pendidik,  namun  dosen yang telah memiliki sertifikasi pendidik   bersikap  lebih  menghindari  resiko  dibanding  yang belum memiliki sertifikasi pendidik.

Kata Kunci : minat, sertifikasi pendidik, jabatan fungsional, Prefereusi Terhadap  Pilihan Waktu


Kata Kunci


minat, sertifikasi pendidik, jabatan fungsional, Prefereusi Terhadap Pilihan Waktu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gujarati, Damodar.(2016) Dasar–Dasar Ekonometrika terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Permana, Maman. (2002). Faktor- Faktor Penghambat Pustakawan Departemen Pertanian Dalam Memperoleh Angka Kredit. Jakarta.

Ratiyah.Transformasi Tenaga Pengajar Kearah Dosen Bersertifikasi Pendidik: Analisis Deskriptif Dengan Regresi Logistik. Jurnal Account, Vol.5 No.2.2018, 841-848.

Septiana, Lia. “Faktor-Faktor Penghambat Keanikan Pangkat Pejabat Fungsional Analis Pegawai Pada Badan Kepegawaian Negara Pusat”. Jakarta. 2012.

Sumodiningrat, G. “Ekonometrika Pengantar”. Yogyakarta: BPFE. 2002.

Widodo.Mengatasi KeterlambatanKenaikan Pangkat Guru. Tesis. Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Tidak diterbitkan. 2004.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.6017

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License