PERAN PENGUNGKAPAN CSR DAN MEKANISME GCG PADA KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Lela Nurlaela Wati, Galang Raindo Syahdam, Bono Prambudi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran moderasi pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)  dan mekanisme good corporate governance (GCG) pada pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan data dari 87 perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Indonesian Stock Exchange (IDX) selama periode 2010 sampai dengan 2015. Data  panel diolah dengan menggunakan Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan CSR mampu memoderasi hubungan antara kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan, namun kepemilikan manajerial sebagai mekanisme GCG tidak mampu memoderasi hubungan antara kinerja terhadap nilai perusahaan. CSR dapat membangun citra positif perusahaan dimata investor maupun masyarakat, karena dengan mengungkapkan informasi sosialnya akan menarik investor dan berdampak pada meningkatnya nilai perusahaan.


Kata Kunci


Corporate Sosial Responsibility, Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Claessens, S., Djankov, S., Fan, J. P., & Lang, L. H. (2002). Disentangling the incentive and entrenchment effects of large shareholdings. The journal of finance, 57(6), 2741-2771.

Handoko, Yuanita. 2010, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi, Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma.

Herawati, V. (2008). Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 10, No. 2, November, Halaman 97-108.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3(4), pp. 305-360.

Miller, M. H., & Modigliani, F. (1961). Dividend policy, growth, and the valuation of shares. the Journal of Business, 34(4), 411-433.

Mohamed, M. B., & Sawandi, N. B. (2007). Corporate Social Responsibility (CSR) activities in mobile telecommunication industry: case study of Malaysia. In European Critical Accounting Conference, Scotland, UK.

Munawaroh, A., & Priyadi, M. P. (2014). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibilty sebagai variabel moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(4), 1-17.

Nurlela, I. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI.

Pertiwi, T. K., & Pratama, F. M. I. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 14(2), 118-127.

Purwaningsih, N. K. I., & Wirajaya, I. Pengaruh kinerja keuangan pada nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 7(3), 598-613.

Putri, I.K.H.K. & Wirajaya, I. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Pada Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi. Vol. 21.1. Halaman 1-28.

Rustiarini, N. W. (2010). Pengaruh Corporate Governance pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII, 15(1), 1-24.

Sasongko, N., & Wulandari, N. (2006). Pengaruh EVA dan rasio-rasio profitabilitas terhadap harga saham. Jurnal Empirika, 19(1), 64-80.

Ulupui, I. G. (2007). Analisis pengaruh rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas terhadap return saham (studi pada perusahaan makanan dan minuman dengan kategori industri barang konsumsi di BEJ). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 2(1). Halaman 88-102.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2007). UU Nomor 40 tahun 2007 Pasal 74 tentang Perseroan Terbatas

Wati, M. L. N., Primiana, I., & Sudarsono, R. 2015. Political connections and controlling shareholder on Indonesia conglomerates. Proceedings of International Conference on Advanced Research Business and Social Sciences (ICARBSS) 2015 Kuala Lumpur, Malaysia, pp 133-142.

Wati, L.N., Rachmat Sudarsono, S.E., Si, M. and Erie Febrian, S.E. 2016. Corporate governance on conglomerates pollitically connected. International Journal of Business, Economics and Law, 10(1), pp.23-31.

Wati, L. N. 2017. Board of commissioner’s effectiveness on politically connected conglomerates: Evidence from Indonesia. Pertanika Journal Social Sciences & Humanities, 25(S), pp. 255-270.

Wati, L. N. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis Terapan Aplikasi SPSS, EVIEWS, Smart PLS, dan AMOS. Mujahid Press. Bandung.

Wati, L.N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility Dengan GRI 3. Ecodemica Journal, Vol. 2 No. 2, Page 240-252.

Yendrawati, R., & Pratidina, D. 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal UNISIA. Vol. XXXV, No. 78.

Yuniasih, Ni Wayan dan Wirakusuma, Made Gede, 2009,”Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi”, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis Vo. 4, Januari. Halaman 1-10.

.

http://globalreporting.org

http://idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.5635

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License