PERANAN DINAS KOPRASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (KUMKM) KABUPATEN GARUT DALAM MEMBINA KELOMPOK USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM KONTEKS KOMUNIKASI PEMASARAN (STUDY KASUS KOMUNIKASI PEMASARAN DI DINAS KUMKM KABUPATEN GARUT

Iis Saidah, Ricky Firmansyah

Abstract


Abstract - This research uses case study qualitative metode wich would give such as comprehensive description development of small and medium labor group by departement of KUMKM Garut in context marketing communication. The research decides that departement of KUMKM Garut in doing planning development of small and medium labor group by departement of KUMKM Garut with coaching activity and present helpul effort. The component of marketing  communication doing in promotion activity are be related to with media, message, communicator and communicant. The model role departement of KUMKM Garut in development of small and medium labor group in context marketing communication decides that explanation of activity  to be successful although not yet optimum.The conclusion of the research decides that the planning development doing departement of KUMKM Garut have role very impotant and to the fore need to optimize and new inovation in doing development and coaching. The component of marketing communication doing must more active and reactive example put the advertisement as online, put the street banner and supply place to doing marketing in particular to beginner entrepreneur. In this case to doing to forward small and medium labor group in regency of KUMKM Garut.

Keyword: Departement of Koprasi Usaha Mikro Kecil dan menengah (KUMKM), development, Marketing Communication

Abstrak – Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  studi kasus dengan harapan dapat memberikan gambaran secara komprehensif mengenai pembinaan kelompok usaha kecil dan menengah oleh dinas KUMKM kabupaten Garut dalam konteks komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinas KUMKM Garut dalam melakukan perencanaan pembinaan kelompok usaha kecil dan menengah yaitu melalui kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan. Komponen komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam kegiatan promosi yaitu berkaitan dengan media, pesan, komunikator dan komunikan. Model peranan dinas KUMKM Garut dalam membina kelompok usaha kecil dan menengah dalam konteks komunikasi pemasaran menunjukan kegiatan yang dilakukan cukup berhasil walaupun belum optimal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa perencanaan pembinaan yang dilakukan dinas KUMKM Garut memiliki peranan yang sangat penting dan ke depannya perlu optimalisasi dan inovasi baru dalam melakukan pembinaan dan pelatihan. Komponen komunikasi pemasaran yang dilakukan harus lebih aktif dan reaktif lagi misalkan memasang iklan secara online, memasang spanduk dan menyediakan tempat untuk melakukan pemasaran khususnya untuk pelaku usaha pemula. Hal ini dilakukan guna untuk memajukan usaha kecil dan menengah di kabupaten Garut.

Kata Kunci: Dinas Koprasi Usaha Mikro Kecil dan menengah (KUMKM), Pembinaan,
Komunikasi Pemasaran


References


Angell, Pamela. 2006. Business Communication Design: Creativity, Strategy, and Solution. Mc Graw Hill

Ardianto, Elvinaro. 2008. Public Relation Praktis. Widya Padjadjaran: Bandung.

Arifin, Ali. 2009. Seni Menjual. Andi: Jogjakarta

Behar, Howard. 2008. Bukan Sekedar Kopi – Prinsip – Prinsip Dibalik sukses Starbarck. Gramedia Pustaka Utama.

Crawens, W, David. 1991. Strategi Marketing. Third Edition. Richard D Irwin Inc. London

Cushway, Barry & Derek Lodge. 1987. Organisational Behavior and Design.

Elex Media Komputindo: Jakarta

Devito, Joseph.A. 20002. Komunikasi Antar Manusia. Profesional Books: Jakarta.

Donald R. Cooper & Pamela S. Schndler. 2006. Metode Riset Bisnis. Media Global Edukasi: Jakarta. 9

Effendy, Onong Uchjana. 1990. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Remaja Rosda Karya : Bandung. 3235.

_____________________. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat komunikasi. Citra Aditiya Bakti.: Bandung. 301-305.

Frinces, Heflin. 2007. Strategi Konsep Memenangkan Perang Bisnis. MIDA Pustaka.

Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategis. Andi: Jogjakarta.

Jefkins, Frank. 1995. Periklanan Edisi 3. Erlangga: Jakarta.

___________.2004. Public Relations Untuk Bisnis. Penerjemah Frans Kowa. Pustaka Binaman Pressindo: Jakarta.

Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasi di Indonesia. Temprint: Jakarta

____________ 2005. Change. Ikras Mandiri Abadi: Jakarta.

____________ 2007. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasi di Indonesia. IKAPI: Jakarta

Kotler , Philip. 2000. Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi, dan control, Edisi bahasa Indonesia. Prenhalindo: Jakarta.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi ke Sembilan jilid 1. Indeks: Jakarta.

Kotler, Phlip. 2007. Boosting Loyality Marketing Performance. Mizan Pustaka: Jakarta.

Miles, Mathew B,.& Huberman. 1992. Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Terjemahan TjetjepRohendi Rohidi. UI Press: jakarata.

Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung. 147-148

Neuman, W. Lawrence. 1997. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach. Aliyn and Bacon: Boston.

R,. Wayne Face & Don.F Faules. 2006. Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Rosda Karya: Bandung. 66-67.

Setiadi, Nugroho J. 2005. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasiuntuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Predia Media : Jakarta.

Shimp, A Terence. 2003. PeriklananPromosi, Aspek TambahanKomunikasi pemasaran Terpadu. Erlangga; Jakarta.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung

Suyanto, M. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Andi Offset. Jogjakarta.

Trevino, L.K., Lengel, R.H. & Draft, R.L., . 1987. Media Symbolism, Media Richness & Media Choice in Organizations: a symbolicinteractionist perspective. Communication Research: 14;5; 553574

Venus, Antar. 2007. Modul Strategi Komunikasi dan Negosiasi. Program Pasca Sarjana. UNPAD; Bandung.

Prisgunanto, Ilham. 2006. Praktek Komunikasi Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.

Prasetyono, Dwi Sunar. 2008. Carainstan Pintar Lobi dan Negosiasi. Think:Jogjakarta

Priyatna, Soeganda & ElvinaraoArdianto. 2009. Komunikasi Bisnis Tujuh Pilar Strategi Komunikasi.Widya Padjajaran: Bandung. 52.

West, Ricard & Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori KomunikasiAnalisis dan Aplikasi, Introducing Communication Theory: Analisis & Application. Salemba Humanika: Jakarta. 159-61.

Wijaya, Choki. 2010. Seni Berbicara & Berkomunikasi. Second Hope:Jogjakarta

Yin, Robert.K. 2002. Studi kasus Desain & Metode. Raja Grafindo Persada: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v3i2.37

Copyright (c) 2016 Iis Saidah, Ricky Firmansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License